Tak Percaya Diri Dengan Pipi Tembem? Ini Kisaran Biaya Sedot Lemak Pipi

Ilustrasi: model Gigi Hadid disinyalir melakukan sedot lemak di pipi (sumber: theskincareedit.com)Ilustrasi: model Gigi Hadid disinyalir melakukan sedot lemak di pipi (sumber: theskincareedit.com)

Mempunyai yang tembem membuat sebagian orang merasa kurang percaya diri. Untuk membuat penampilannya menjadi lebih sempurna, banyak orang memilih untuk melakukan operasi lemak . Namun, sebagian besar dari Anda mungkin belum memahami betul bagaimana sebenarnya ini berlangsung dan apa saja risikonya, serta berapa kisaran biayanya.

“Penyebab utama pipi yang terlalu berisi bisa jadi adalah berat badan yang berlebih. Untuk itu bagi Anda yang ingin mengecilkan pipi, menurunkan kelebihan berat badan dengan cara yang sehat dapat menjadi pilihan,” demikian tutur dr Allert Noya, dilaman Alodokter.

Dalam istilah dunia medis, operasi sedot lemak pipi ini dikenal sebagai cheek liposuction. Sedot lemak pipi ini termasuk dalam bagian facial liposuction. Mengutip berbagai sumber, sedot lemak pipi adalah operasi pengangkatan lemak pipi atau lemak bukal. Operasi ini dilakukan untuk menghilangkan kelebihan lemak dalam di area pipi.

Biasanya operasi sedot lemak pipi ini digunakan untuk membuat terlihat lebih proporsional dan pipi jadi jadi lebih tirus. Lemak di bagian pipi ini biasanya berada di bawah atau di rongga pipi.

Dalam prosedurnya secara umum, akan membuat dua sayatan di area mulut. Area pertama berada di dekat geraham, dan kedua di area belakang rongga pipi melewati buccinator. Sayatan ini bertujuan untuk memudahkan dokter menjangkau bantalan lemak pipi.

Saat bantalan lemak terbuka, dokter akan menekan bagian luar pipi untuk menonjolkan bantalan lemak keluar. Bantalan inilah yang akan dipotong. Jumlah jaringan pipi dalam bantalan yang dibuang ini berbeda-beda, tergantung hasil yang diinginkan . Setelah hasil yang inginkan tercapai, maka bantalan lemak pipi yang tersisa akan dikembalikan ke posisinya sebelum dijahit.

Semua prosedur penghilangan lemak pipi ini akan menyebabkan beberapa efek samping misalnya nyeri, bengkak, dan susah mengunyah makanan. Rasa nyeri dan lebam seperti yang dirasakan Ratna Sarumpaet ini bisa berlangsung selama beberapa hari atau bahkan minggu.

Jika tak ada komplikasi atau masalah lain, orang yang melakukan sedot lemak bisa kembali beraktivitas normal setelah 4-5 hari. Namun untuk bisa melakukan aktivitas berat, butuh waktu pemulihan setidaknya 3-4 minggu. Prosedur operasi plastik pengangkatan lemak pipi ini bisa dilakukan dengan beberapa cara, yaitu sedot lemak biasa, lipoplasty, mesoterapi, dan buccal fat removal.

Nah, lantas berapa kisaran sedot lemak pipi? Dilansir dari berbagai sumber, untuk melakukan prosedur sedot lemak di bagian pipi dikenai tarif mulai Rp 20 juta hingga 50 juta . Namun, semua prosedur ini akan sia-sia jika Anda tidak menerapkan gaya hidup sehat setelahnya. Pasalnya, ketahanan hasil sedot lemak ini tergantung pada pola hidup yang Anda jalani.

Oleh karena itu, usahakan untuk menerapkan pola makan dan serangkaian gaya hidup sehat lainnya seperti rutin berolahraga. Hasil sedot lemak ini tidak akan bertahan lama jika Anda mengonsumsi makanan tinggi lemak setiap harinya dan bahkan malas berolahraga. Jika sudah begitu, bukan tidak mungkin pipi Anda akan kembali ke ukuran semula dan uang yang telah dikeluarkan pun menjadi sia-sia.

Loading...