Tak Kalah Populer dari Nastar & Kastengel, Harga Kue Semprit Per Kilo Mulai Rp 45 Ribuan

Kue Semprit - www.resepnasional.comKue Semprit - www.resepnasional.com

Selain nastar dan kastengel, sebenarnya masih banyak jajanan atau kering lain yang kerap diburu saat menjelang . Misalnya saja semprit. satu ini juga kerap di sejumlah kue dalam berbagai kemasan , mulai dari ¼ kg (250 gram), ½ kg (500 gram), hingga dijual per 1 kilogram (kg). kue semprit per kilo bervariasi, tergantung di mana membelinya.

Sebagai gambaran, harga kue semprit di Mester Jatinegara berkisar antara Rp 45 ribuan hingga Rp 80 ribuan per kg. Jatinegara biasanya memang menjadi tempat tujuan kalangan ibu-ibu untuk membeli kue kering Lebaran. “Ya masih nastar sih yang paling laku. Tapi kayak semprit, kastengel, putri salju juga banyak. Di sini semua ada, ibu-ibu tinggal pilih saja. Macam-macam,” kata salah satu pedagang di Jatinegara, seperti dilansir Detik.

Meskipun popularitasnya tidak secemerlang nastar, berbisnis kue semprit rupanya tetap mampu mendatangkan keuntungan yang cukup menggiurkan. Misalnya saja seperti Kue Semprit Bu Nurul di Kota Malang. Bukan seperti kue semprit pada umumnya, kue satu ini memiliki keunikan dari proses pengolahannya yang masih mempertahankan teknik manual dan resep turun-temurun. “Kami dalam pembuatan kue menggunakan tanah karena dipercaya kue akan semakin tanak ketika matang,” ujar Novita Amaliah, pemilik kue semprit Bu Nurul pada Radar Malang.

Lebih lanjut Novita menjelaskan bahwa kue semprit buatan ibunya ini memakai santan yang direbus dalam jangka waktu lama, sehingga menghasilkan minyak yang diklaim baik untuk menangkal kanker. “Kami menggunakan santan direbus lama hingga menghasilkan VCO (virgin coconut oil) atau minyak kelapa murni sehingga jajanan kami ini sehat. Berbeda dengan produk lain yang menggunakan koya,” tuturnya.

Hingga kini produk Kue Semprit Bu Nurul bukan hanya dipasarkan di sekitar Malang saja, tetapi juga sudah dipasarkan di toko oleh-oleh yang ada di Surabaya. “Saat ini dalam sehari saya bisa membuat 15 kilogram kue semprit, berbeda kalau ada pesanan atau bahkan saat Ramadan. Kalau Ramadan, saya bisa bikin 100 kilogram kue semprit, bahkan sering menolak pesanan,” ucapnya. Harga Kue Semprit Bu Nurul pun relatif murah, yakni mika 250 gram seharga Rp 15 ribu, toples 2 ons harga Rp 20 ribu, hingga toples 1 kg yang seharga Rp 75 ribu.

Loading...