Tak Dipungut Biaya, Konsultasi Psikiater Ternyata Juga Ditanggung BPJS Kesehatan

Konsultasi Psikiater - www.psychologycareercenter.orgKonsultasi Psikiater - www.psychologycareercenter.org

di Indonesia tak terlalu banyak yang sadar dan peduli akan pentingnya menangani gangguan kejiwaan. Padahal gangguan psikologis hampir sama bahaya dan menyakitkannya dengan gangguan fisik. Banyak orang ragu berkonsultasi dengan atau psikiater karena khawatir akan dikenai biaya yang mahal dalam sekali . Padahal segala keperluan dan sesuai indikasi akan ditanggung oleh BPJS alias gratis.

“Selama ini yang masuk dalam sakit jiwa dan segala macamnya itu kita jamin juga. Jadi intinya selama sesuai dengan indikasi medis, sesuai prosedur, dan diagnosanya ada di Permenkes 59 tahun 2014,” kata Kepala Departemen dan Komunikasi Antarlembaga BPJS Kesehatan Pusat, Irfan Humaidi, seperti dilansir Tirto.

Bahkan konsultasi gangguan depresi pun bisa dilayani di puskesmas-puskesmas terdekat. “Pasien yang mengalami gangguan kesehatan mental akan diperiksa dan diberikan assessment awal oleh psikolog atau dokter di Puskesmas. Bila memang pasien tidak bisa ditangani di Puskesmas akan dirujuk ke dokter spesialis kejiwaan di rumah sakit,” jelas dokter umum di Puskesmas Kotagede II Yogyakarta, dr. Atika Anggiasih.

Selain gangguan depresi, gangguan skizofrenia kabarnya juga ditanggung oleh BPJS. “Kakak saya penderita schizophrenia sudah bertahun-tahun. Dulu memang kami membiayai secara mandiri. Tapi semenjak ada JKN/KJS/BPJS, semua keperluan kontrol dan berobatnya ditanggung pemerintah,” kata salah seorang warga Jakarta, Johan Kristantoro.

Nah, coba bayangkan saja jika tidak menggunakan layanan BPJS Kesehatan. Para pasien setidaknya harus menyiapkan biaya hingga ratusan ribu hanya untuk sekali sesi konsultasi dengan psikiater. “Tidak murah. Untuk satu kali konsultasi minimal harganya Rp 200 ribu, sedangkan obatnya bisa seharga Rp 300 ribu,” kata pakar kesehatan mental dr. R. Surya Widya, Sp.KJ.

Tak jauh berbeda, psikiater dr. Andri, Sp.KJ, FAPM pun mengungkapkan bahwa rata-rata biaya yang dikenakan untuk penderita gangguan jiwa dalam sekali konsultasi durasi 30 menit bisa mencapai Rp 350 ribu. “Tergantung dari rumah sakitnya. Rata-rata di sini bisa dikenakan biaya sekitar Rp 300 ribu hingga Rp 400 ribu per konsultasi,” papar dr. Andri.

Loading...