Tak Boleh Sembarangan, Ini Cara Tepat untuk Membuat Olahan Kolang Kaling

Kolang Kaling - rasamasa.comKolang Kaling - rasamasa.com

Kolang kaling termasuk yang cukup dan banyak diminati oleh , terutama pada bulan Ramadan seperti saat ini. Tak ayal jika hampir seluruh tradisional maupun swalayan biasanya tak pernah melewatkan untuk berjualan kolang kaling. Namun rupanya mengolah buah yang berasal dari pohon aren ini tak bisa sembarangan supaya gizinya tidak hilang.

Nutrisionis Jansen Ongko, MSc, RD mengatakan bahwa kolang kaling mengandung beragam yang memang bermanfaat untuk tubuh. Tak hanya memiliki kadar air yang cukup tinggi, kolang kaling juga banyak mengandung karbohidrat, serat, multivitamin, mineral, dan fitonutrisi.

Walau tinggi kandungan nutrisi, apabila kolang kaling diolah secara berlebihan dengan menambahkan gula atau sirup terlalu banyak, maka yang didapat oleh pun akan berkurang. “Boleh (tambah gula), asal jangan berlebihan. Gula tak berbahaya selama tidak dikonsumsi berlebih. Habis puasa kan gula darah rendah, jadi aman saja makan kolak dan es buah sebenarnya. Apapun yang berlebih tidak baik,” kata Jansen Ongko seperti dilansir Detik.

Senada, Dr. dr. Saptawati Bardosono, SpGK, MSc dari Fakultas Indonesia menyatakan jika ingin memperoleh manfaat dari mengonsumsi kolang kaling tanpa menghilangkan nutrisi yang terkandung di dalamnya, maka cara yang paling baik menurutnya adalah dengan cara direbus. “Agar kandungan di dalamnya tidak berkurang dan bermanfaat untuk tubuh, kolang-kaling diolah dengan cara merebusnya saja. Boleh diberi gula supaya enak dimakan,” ujar dr. Tati.

Saat ini sudah banyak resep menarik yang bisa dijadikan ide untuk membuat olahan kolang kaling, misalnya saja dengan mencampurkannya ke dalam kolak pisang, atau bisa juga mengubahnya menjadi manisan. Jika ingin menjadikan kolang kaling sebagai manisan caranya cukup mudah. Kolang kaling hanya perlu direbus dengan campuran daun pandan, daun jeruk, kemudian setelah berubah menjadi empuk, kolang kaling dapat dimasak bersama gula pasir hingga warnanya berubah menjadi kecokelatan.

Loading...