Tahun 2017, Harga Daging Lembu Masih di Atas Rp100.000/Kg

Daging Lembu - agendagingsapidibandung.blogspot.co.idDaging Lembu - agendagingsapidibandung.blogspot.co.id

Pada tahun 2017 ini, lembu atau sapi yang sudah dikebiri untuk membajak sawah rata-rata masih berada di atas Rp100.000 per kilogram. Bahkan, menjelang Idul Adha atau hari raya kurban, harga hewan tersebut diperkirakan merangkak , dari semula Rp120.000 per kilogram menjadi Rp130.000 per kilogram.

“Harga daging sapi dan lembu berpeluang naik, karena para peternak juga akan menaikkan harga sapi menjelang Idul Adha,” papar Ketua Sapi, Kerbau, dan Kambing (PSKK) Maluku Utara, Ibrahim Hamid. “Biasanya, sapi yang Rp9 juta per ekor, kini dilepas dengan harga Rp10 juta per ekor. Harga sapi Rp6 juta per ekor juga akan dinaikkan oleh peternak.”

Meski demikian, Ibrahim menambahkan bahwa pihaknya masih akan menggelar rapat sebelum memutuskan untuk menaikkan harga daging lembu. Sebelumnya, banyak peternak yang menjual daging hewan ini ke luar daerah sehingga memicu kelangkaan stok dan mendorong kenaikan harga. “Harganya naik menjadi berapa, nanti kami diskusikan dulu. Sebab, kenaikan harga harus menjadi keputusan bersama,” sambung Ibrahim.

Sebelumnya, para pemangku kepentingan di sektor peternakan sapi, mulai dari peternak, penggemukan, dinas peternakan, hingga DPR sudah satu suara mengenai proyeksi harga daging sapi dan lembu pada tahun 2017 ini. Mereka sepakat bahwa harga masih berada di atas Rp100 ribu per kilogram atau jauh dari keinginan pusat, yaitu Rp80 ribu per kilogram.

“Harga daging sapi atau lembu di tahun 2017 masih berada di atas Rp100 ribu per kilogram, dan tampaknya sulit untuk mengupayakan harga Rp80 ribu per kilogram, kecuali daging impor,” jelas Ketua Perhimpunan Peternak Sapi dan Kambing Indonesia (PPSKI), Teguh Boediyana. “Berdasarkan perhitungan sapi hidup, yang harganya mencapai Rp45 ribu per kilogram, maka harga daging sapi akan tetap berada di atas Rp100 ribu per kilogram.”

Pada momen Lebaran 2017 lalu, harga daging lembu juga merangkak naik ke level Rp130.000 hingga Rp140.000 per kilogram, setelah sebelumnya berada di angka stabil, Rp120.000 per kilogram. Sayangnya, pada momen Idul Fitri tersebut, pembeli daging lembu ini agak sepi, dengan per hari penjual rata-rata hanya bisa menjual 70 kilogram daging.

Loading...