Ingin Simpan Valas? Ini Pilihan Tabungan Dollar Tanpa Biaya Administrasi

Tabungan Dollar - www.indoindians.comTabungan Dollar - www.indoindians.com

Memiliki valuta () ternyata juga tidak kalah menguntungkan dari . dollar misalnya, cocok dimiliki nasabah yang kerap melancong ke luar negeri atau hendak melanjutkan studi ke luar negeri. Oleh sebab itu, banyak bank di yang menawarkan dollar AS dengan setoran awal ringan atau bahkan tanpa .

Setidaknya terdapat beberapa bank yang memiliki tabungan tanpa biaya administrasi, seperti Maybank dan CIMB Niaga. Lewat produk Tabungan Super Valas USD, Maybank berupaya menawarkan simpanan dollar bebas biaya administrasi bulanan apabila rata-rata nasabah lebih dari atau sama dengan USD500 (setara Rp7,3 jutaan). Sementara itu, setoran awal Tabungan Super Valas USD Maybank adalah USD250 (setara Rp3,7 jutaan).

Sedangkan untuk CIMB Niaga menyediakan produk Tabungan Xtra Valas dengan setoran awal ringan sebesar USD 50 atau sekitar Rp734 ribuan. Ketentuan saldo minimum mengendap USD50 dan biaya administrasi di bawah saldo minimum (fall below fee) apabila saldo rata-rata di bawah USD250 adalah USD2,5, sedangkan di atas itu kabarnya tak dikenai biaya administrasi.

Ada juga bank yang mematok biaya administrasi cukup ringan seperti BCA lewat tabungan BCA Dollar. Minimum setoran awal BCA Dollar adalah USD100 atau sekitar Rp1,4 jutaan dengan biaya administrasi bulanan sebesar USD1 atau sekitar Rp14 ribuan.

Sebelum membuka tabungan dollar, menurut perencana keuangan Tejasari Assad ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Pertama, sesuaikan tabungan dengan , entah itu untuk pendidikan, jalan-jalan, atau berdagang di luar negeri. “Misalkan, anak tahun depan mau kuliah di luar negeri, saya takut tiba-tiba dolar naik, saya jadi menabung untuk melindungi uang saya untuk menjaga dari fluktuasi dolar,” jelas Tejasari, seperti dilansir CNN Indonesia.

Kedua, perhatikan syarat dan ketentuan dari bank tempat nasabah menyimpan valas. Dibanding simpanan rupiah, tabungan valas umumnya mempunyai bunga lebih rendah yakni di bawah 0,5 persen per tahun. Sedangkan untuk biaya administrasinya lebih tinggi, mulai dari administrasi bulanan, biaya penalti saldo di bawah minimal, sampai biaya penutupan rekening. Oleh sebab itu, Tejasari menyarankan nilai tabungan valas sebaiknya dapat menghasilkan bunga yang bisa mengompensasi biaya administrasi bulanan.

Loading...