Syarat Pendidikan Minimal S2, Ini Kisaran Honor Tutor Universitas Terbuka (UT)

Kisaran Honor Tutor Universitas Terbuka (UT)

Terbuka (UT) adalah negeri yang mengedepankan belajar terbuka dan di Indonesia. belajar semacam ini dianggap efektif untuk pemerataan kesempatan bagi seluruh warga negara Indonesia, termasuk mereka yang hidup di daerah-daerah terpencil.

“Bila dibandingkan dengan perguruan tinggi lain, UT merupakan satu-satunya Perguruan Tinggi Negeri yang mengimplementasikan sistem pendidikan jarak jauh. Hal ini bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi para seluruh warga masyarakat di perkotaan terlebih lagi di wilayah terpencil agar memiliki kesempatan dalam mengenyam pendidikan di Perguruan Tinggi,” kata Rektor UT Prof Ojat Darojat, seperti dilansir Merdeka.

Berbeda dari universitas pada umumnya yang memakai istilah ‘dosen’, pengajar di UT disebut dengan nama tutor. Selain tutor tutorial tatap muka, UT juga membutuhkan tutor untuk tutorial (tuton) bagi para UT. Syarat menjadi tutor UT pun cukup sederhana, calon pelamar diwajibkan memenuhi persyaratan seperti memiliki jenjang pendidikan minimal S2 dan memiliki latar belakang bidang ilmu yang sesuai dengan mata kuliah yang ditutorialkan ( Ekonomi, Hukum, Ilmu Sosial & Ilmu Politik, Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam, Keguruan & Ilmu Kependidikan, dan Mata Kuliah Dasar Umum)

Calon tutor juga harus memiliki pengalaman mengajar minimal 1 atau praktisi pada bidang yang relevan dengan mata kuliah yang ditutorialkan, memiliki alamat email, dan bersedia mengikuti pelatihan secara online selama 2 minggu. Honor tutor UT pun dipatok bervariasi, tergantung yang diikuti.

Sebagai contoh, untuk tutor Tutorial Tatap Muka (TTM) program Diploma dan Sarjana berhak mendapat honor atau bayaran sekitar Rp 1,6 juta per kelas, tutor TTM PPs program Regular penghasilan dari mengajar sebesar Rp 1,8 juta per kelas. Honor tutor nantinya juga akan dipotong pajak dengan ketentuan berdasarkan golongan tutor itu sendiri.

Tutor TTM golongan IV yang memiliki NPWP honornya dipotong sebesar 15%, tutor TTM golongan IV yang tak mempunyai NPWP dipotong 18%, tutor TTM golongan III yang mempunyai NPWP akan dikenai potongan 5%, dan tutor TTM golongan III yang tidak mempunyai NPWP dipotong sebesar 6%. Segala terkait gaji maupun pendaftaran pelatihan tutor biasanya akan diumumkan melalui website resmi Universitas Terbuka.

Loading...