Syarat Mudah, Ini Biaya Pembuatan SIM A Internasional

Pembuatan SIM A Internasional

A atau surat izin mengemudi merupakan salah satu yang wajib dimiliki dan dibawa ketika Anda mengendarai roda empat atau , selain STNK. Nah, bagi mereka yang berencana bepergian ke luar negeri dengan menggunakan pribadi, wajib memiliki SIM A yang bisa dibuat dengan biaya Rp250.000 untuk SIM baru atau Rp225.000 untuk perpanjangan.

Menurut Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2012 tentang Surat Izin Mengemudi Bab I, Pasal 1, Ayat (5), SIM Internasional merupakan SIM yang diperuntukkan bagi pengemudi kendaraan bermotor yang akan digunakan di negara lain berdasarkan perjanjian internasional. SIM Internasional dari Indonesia sendiri berlaku selama tiga tahun dan bisa digunakan untuk mengemudikan kendaraan bermotor di negara yang juga menerbitkan SIM Internasional.

“Membuat atau mengurus SIM Internasional ini sangat mudah, sama seperti ketika Anda membuat SIM lokal atau biasa pada umumnya,” jelas Kepala Seksi SIM Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Fahri Siregar. “Masyarakat hanya perlu memenuhi sejumlah persyaratan yang telah ditentukan oleh pihak kepolisian.”

Menurut keterangan dari laman Facebook resmi milik Divisi Humas , untuk SIM Internasional baru, para pemohon harus membawa KTP asli beserta fotokopi untuk WNI atau KITAP dan fotokopi untuk WNA, SIM nasional asli dan fotokopi, passport asli yang masih berlaku dan fotokopi, materai Rp6.000, dan pas berwarna terbaru ukuran 4×6 dengan latar belakang biru. untuk foto, pria wajib mengenakan dasi, sedangkan wanita wajib menggunakan blazer.

“Kalau semua syarat sudah lengkap, proses pembuatan SIM Internasional ini sehari selesai. Syaratnya, pemohon harus membayar PNBP (penerimaan negara bukan pajak) sebesar Rp250.000 jika membuat SIM baru atau Rp225.000 jika ingin memperpanjang,” sambung Kompol Fahri. “Nanti, petugas akan melakukan identifikasi dan verifikasi.”

Loading...