Syarat Mudah Dipenuhi, Ini Cara Membuat Izin Usaha Perorangan

Izin Usaha Perorangan - webbisnis.comIzin Usaha Perorangan - webbisnis.com

Sebelum melakukan perdagangan di Indonesia, setiap perusahaan atau badan diwajibkan untuk mengurus Surat Izin Perdagangan (SIUP) terlebih dahulu. Jika dikelompokkan berdasarkan skala usahanya, SIUP terbagi menjadi 4 , yaitu SIUP besar, menengah, kecil, dan mikro. Cara membuat izin usaha perorangan pun pada dasarnya tidak terlalu sulit dan bisa diurus sendiri secara . Bahkan di beberapa pembuatan SIUP ternyata tidak ditarik alias .

Adapun untuk izin usaha perseorangan, syarat-syarat yang harus dipenuhi antara lain menyerahkan fotokopi KTP pemilik usaha, fotokopi NPWP, surat keterangan domisili (SITU), perusahaan, meterai Rp 6.000, foto pemilik usaha perdagangan ukuran 4 x 6 sebanyak 2 lembar, dan izin lain terkait usaha yang akan dibangun.

Cara atau prosedur membuat izin usaha perorangan cukup sederhana, pemohon tinggal mengambil formulir atau surat permohonan di Kantor Dinas Perdagangan setempat, kemudian mengisi formulir dengan lengkap serta ditandatangani di atas materai Rp 6.000 oleh pemilik usaha, membayar biaya pembuatan SIUP yang besarannya berbeda-beda di tiap daerah, serta langkah terakhir menunggu pembuatan SIUP sekitar 2 minggu dan pemohon nantinya akan dihubungi petugas jika SIUP sudah jadi untuk proses pengambilan.

Sebagai informasi, Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah saat ini memberlakukan izin usaha secara gratis terhadap seluruh jenis usaha, baik industri rumahan, perusahaan besar, dan investor, kecuali IMB dan HO (izin gangguan). Pemberian izin usaha gratis ini merupakan salah satu langkah pemerintah setempat untuk menggiatkan iklim investasi di Lampung Tengah.

“Semuanya gratis seperti surat izin usaha perdagangan (SIUP), tanda daftar perusahaan (TDP), izin usaha industri, dan izin lainnya. Pemberian surat izin usaha gratis menjadi salah satu upayanya menyukseskan kampung wirausaha atau Kampung Entrepreneur Creative (KECe) dengan tujuan melahirkan sebanyak mungkin pengusaha di setiap kampung,” kata Bupati Lampung Tengah Mustafa, seperti dilansir Warta Ekonomi.

Selain mengurus secara langsung dengan mendatangi Kantor Dinas Perdagangan setempat, membuat atau perpanjangan SIUP juga bisa dilakukan secara online dengan persyaratan yang hampir sama seperti manual. Bedanya, proses pengisian formulir dilakukan secara online dan juga berkas-berkas yang diberikan berupa hasil scan yang diupload ke website. Jika sudah jadi, pemohon juga akan dihubungi untuk mengambil SIUP di kantor tempat pengurusan SIUP.

Loading...