Syarat Mudah & Biaya Kuliah Gratis, Pendaftar UNHAN Didominasi Kalangan Sipil

Universitas Pertahanan (UNHAN) - www.merdeka.comUniversitas Pertahanan (UNHAN) - www.merdeka.com

Sebagian besar selama ini hanya terpaku untuk berlomba-lomba masuk ke perguruan tinggi kedinasan seperti STAN yang biaya kuliahnya benar-benar ditanggung . Padahal ada satu lagi perguruan tinggi negeri yang juga tidak menarik biaya kuliah seperti Pertahanan (UNHAN). yang baru diresmikan tahun 2008 silam ini menawarkan setara magister (S2) untuk pendaftar dari kalangan TNI, Polri, PNS, dan kalangan umum. -syarat untuk mendapat beasiswa kuliah gratis di UNHAN pun cukup mudah.

Bagi calon peserta umum, persyaratan yang dibutuhkan antara lain ijazah dan transkrip nilai S1 asli dengan IPK 3.00, akreditasi prodi S1 minimal B, SKCK asli, surat rekomendasi dari rektor/dekan/dosen pembimbing dari perguruan tinggi S1 (bagi yang belum bekerja) atau surat rekomendasi dari pimpinan (bagi yang sudah bekerja), KTP, KK, dan Akta Lahir yang dilegalisir kelurahan, Surat Keterangan Sehat, Bebas Narkoba dan Tato dari RS pemerintah, daftar riwayat hidup, dan paper dalam Bahasa Inggris tentang persepsi program studi yang dipilih sebanyak 2 halaman (kertas A4 spasi 1,5).

Ada beberapa fakultas yang dibuka di UNHAN, antara lain Fakultas Strategi Pertahanan, Manajemen Pertahanan, Keamanan Nasional, dan Teknologi Pertahanan. Bukan hanya pendaftaran saja yang gratis, tetapi selama kuliah di UNHAN juga diberikan full beasiswa meliputi mess (asrama), makan, buku-buku perpustakaan, pakaian dinas PDH dan PDL, uang saku, uang saku, hingga penelitian tesis.

“Disini juga ada kegiatan atau kunjungan dalam negeri maupun keluar negeri, semua kita biayai, pokoknya serba gratis,” kata dosen tetap UNHAN Dr. Sutopo Purwo Nugroho, MSi, seperti dilansir GoSumbar. Tahun 2018 ini pendaftaran baru gelombang II dibuka mulai 12 Februari – 5 April 2018, sedangkan gelombang I dibuka pada Desember 2017 – Januari 2018 lalu.

Perguruan tinggi yang sudah terakreditasi A ini kabarnya termasuk Universitas Pertahanan terbaik di dunia, di mana posisi UNHAN Bogor menduduki posisi ke-9 di dunia. Menariknya, sebagian besar mahasiswa di UNHAN berasal dari kalangan sipil. “Saat ini komposisi mahasiswa terdiri dari 40 persen dari Perwira TNI dan PNS sedangkan 60 persen lainnya masyarakat sipil dari tamatan fresh graduate S1 perguruan tinggi umum,” jelas Rektor UNHAN Letnan Jenderal TNI I Wayan Midhio.

Universitas yang telah memiliki lebih dari 1.000 lulusan ini memiliki tenaga pengajar dari dalam dan luar negeri. Beberapa lulusan UNHAN pun kabarnya ada yang menjadi diploma dan sederet profesi membanggakan lainnya di bidang pertahanan dan bela negara.

Loading...