Menawarkan Hasil yang Memuaskan, Berapa Biaya Sunat Laser?

Ilustrasi: sunat laserIlustrasi: sunat laser

Banyak orang tua memutuskan untuk melakukan sunat kepada anak laki-lakinya dikarenakan alasan pribadi, agama hingga kesehatan. Sunat bisa dilakukan kepada bayi yang baru lahir, tapi umumnya dilakukan kepada anak dalam rentang usia 6 hingga 18 tahun. Proses sunat dengan cara tradisional biasanya tidak membutuhkan waktu lama. Namun seiring perkembangan , muncul inovasi terbaru yaitu sunat yang diklaim dapat meminimalisir rasa sakit setelah prosedur dilakukan. sunat diperkirakan lebih mahal dari sunat tradisional. Kemunculan sunat sendiri memicu pro dan kontra dari masyarakat Indonesia maupun luar negeri.

Sunat bertujuan mengangkat jaringan yang menutupi ujung penis. Jaringan penutup ini biasa dikenal dengan sebutan kulup. Pada bayi yang baru lahir, sunat dapat dilakukan di rumah sakit ketika bayi belum dibawa pulang atau bisa pula dilakukan di rumah setelah bayi pulang. Waktu yang dibutuhkan dalam proses menyunat bayi berkisar 5-10 menit. Sementara proses penyunatan anak-anak atau dewasa bisa membutuhkan waktu hingga satu jam dan akan sembuh setelah 5-7 hari.

Tradisi sunat yang sudah dilakukan sejak dahulu, memiliki kelebihan dan kekurangan. Dilihat dari aspek kesehatan, sunat memiliki banyak manfaat. Kelebihan sunat bagi laki-laki di antaranya dapat mengurangi risikopenularan penyakit seksual, mengurangi risiko kanker serviks pada pasangan seksual wanita, menurunkan risiko kanker penis, menjaga kebersihan ujung penis dengan lebih mudah, mencegah radang kepala penis hingga mencegah peradangan glans (balanitis).

Tapi tentu saja jika proses sunat tidak ditangani oleh seorang dapat menimbulkan masalah baru. Memang tidak dapat dipungkiri bahwa semua tindakan bedah memiliki risiko, meskipun rendah. Begitu juga dengan sunat. Risiko prosedur sunat yang salah dapat menimbulkan rasa sakit berkepanjangan, iritasi bagian ujung penis, cedera, pendarahan hingga infeksi di luka bekas sunat.

Saat ini telah dikembangkan sunat laser, yaitu sunat yang menggunakan laser. ini tidak lagi menggunakan pisau bedah untuk membuang kulup pada penis. Penelitian telah membuktikan bahwa sunat menggunakan laser memiliki beberapa keunggulan. Keunggulan tersebut di antaranya, waktu pendarahan lebih singkat, luka sayatan diperkirakan lebih cepat sembuh karena sistem lem jaringan yang digunakan lebih unggul, waktu yang diperlukan untuk proses pengerjaannya jauh lebih singkat dan dari segi penampilan lebih baik dibandingkan sunat dengan pisau bedah.

Lain di Indonesia, lain pula di negeri orang. Di Malaysia, metode sunat laser disebut sebagai sunat cauter. Metode cauter menggunakan alat semacam pensil panas. Kulup penis ditarik lalu dipotong ujungnya, kemudian digunting menggunakan pisau bedah agar rapi.

Seorang WNI (Warga Negara Indonesia) bernama Arya yang kini tinggal di negeri Jiran membagikan pengalamannya melalui website pribadi ketika mengantar anak laki-lakinya yang berusia 7 tahun untuk sunat. Arya memutuskan memilih prosedur sunat cauter dibanding sunat tradisional di salah satu klinik ternama di Kuala Lumpur. Biaya sunat cauter di Kuala Lumpur berkisar mulai RM300-RM500. Saat mengantarkan anak saya tahun 2017 lalu biayanya RM350,” tulis Arya. Ia memperkirakan tersebut dapat naik seiring inflasi atau perkembangan zaman di tahun selanjutnya.

Walaupun sunat laser menjadi pilihan alternatif bagi orang tua untuk anaknya, namun ternyata ada beberapa pakar kesehatan yang kontra dengan prosedur tersebut. Menurut pakar urologi dari Rumah Sakit Siloam Asri, Dr Arry Rodjani, SpU (K) yang dilansir dari SuaraPos, metode tersebut tidak direkomendasikan. Pasalnya sebutan laser pada metode sunat ini sebenarnya tidak menggunakan sinar laser yang digunakan di medis. Tetapi menggunakan cauter atau alat yang mirip solder untuk memotong jaringan kulit.

“Jika praktik sunat yang menggunakan metode laser, tapi yang menangani salah melakukan prosedur, dikhawatirkan bisa menyebabkan komplikasi yang mencelakai penis anak,” terangnya. Akibatnya penis menjadi hitam atau hangus lalu dalam beberapa bulan kemudian penis bisa teramputasi dan menimbulkan kecacatan seumur hidup. Arry berharap masyarakat cerdas dalam memilih prosedur sunat, terutama untuk buah hati mereka. Sebaiknya jangan asal memilih metode sunat, terlebih pada tempat praktik yang menjanjikan sunat tanpa rasa sakit dan pendarahan dalam metode laser.

Di Indonesia, metode sunat laser atau sunat cauter sudah cukup populer. Banyak klinik, puskesmas hingga rumah sakit yang menawarkan sunat laser dengan harga bervariasi. Dilansir dari beberapa website resmi rumah sakit ternama di Indonesia, harga sunat laser berkisar Rp800.000 hingga Rp12.000.000.

Kesimpulannya, metode sunat laser dan sunat tradisional memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Jika Anda memutuskan untuk melakukan prosedur sunat terhadap buah hati Anda, pastikan Anda telah berkonsultasi dengan ahli kesehatan dan dokter terkait yang akan melakukan proses sunat.

Loading...