Sukses Rambah Malaysia & Arab Saudi, Ini Harga Menu Ayam Bakar Wong Solo

Ayam Bakar Wong Solo - www.tripadvisor.comAyam Bakar Wong Solo - www.tripadvisor.com

Selama 25 tahun mengarungi bisnis di Indonesia, rupanya Ayam Bakar Wong Solo tak hanya ingin berpuas diri meraup keuntungan di Tanah Air saja. Saat ini Ayam Bakar Wong Solo pun mulai merambah ke beberapa negara seperti hingga Arab Saudi. Di Indonesia sendiri Ayam Bakar Wong Solo memiliki banyak cabang yang tersebar di berbagai seperti Sidoarjo, , Surabaya, , Banjarmasin, hingga Medan. Selain menyuguhkan menu ayam, Wong Solo juga menyediakan masakan-masakan lain khas Indonesia dengan yang relatif terjangkau.

Di Negeri Jiran rupanya ABWS telah merintis bisnis kulinernya sejak tahun 2005 silam. franchise ini sukses mengenalkan menu unik seperti ayam bakar dan penyet serta memperoleh sambutan yang positif dari masyarakat Malaysia. Ayam Bakar Wong Solo telah memiliki beberapa gerai rumah makan yang tersebar di daerah Ampang, Bangi, Kedah, Alostar, Kampung Baru, Ceras, Syah Alam, dan Kajang.

Meski berkembang cukup pesat, nyatanya sang pendiri ABWS, Puspo Wardoyo mengaku banyak menghadapi tantangan untuk mengembangkan bisnisnya di Malaysia, terutama berkaitan dengan masalah SDM. Warga Malaysia menurutnya sudah biasa bekerja di perkantoran dan enggan bekerja menjadi pramusaji. “Sehingga saya harus membawa SDM dari Indonesia, atau TKI asal Indonesia di Malaysia,” jelas Puspo seperti dilansir dari situs resmi Wong Solo.

Puspo juga mengaku selektif dalam memilih franchisee. “Yang menjadi franchisee kita di Malaysia dulunya adalah customer yang menyukai kita. Jadi dia mengembangkan bisnisnya tidak semata-mata ingin mencari uang saja, namun serius menggeluti bisnisnya dengan tekun dan sabar,” ujarnya.

Sebagai informasi, menu yang disajikan Wong Solo tak hanya berkutat pada ayam bakar dan ayam penyet saja. Untuk menu , Wong Solo menyediakan menu bebek bakar, nila bakar, hingga empal sapi. Harga menu ayam goreng dan nila bakar/goreng sekitar Rp 32 ribuan, nasi uduk Rp 33 ribu, dan pecel lele Rp 29 ribu. Menu nasi kotak dibanderol seharga Rp 32-45 ribuan.

Kemudian ada menu gurame asam manis yang dipatok Rp 35 ribu per porsi atau Rp 17 ribu per ons, sedangkan gurame bakar/goreng Rp 16 ribu per ons. Wong Solo juga menyediakan menu sayuran seperti cah kangkung, cah tauge, balado pete, cah brokoli, cap cay, dan tumis genjer yang harganya berkisar Rp 18-30 ribuan. Untuk lauk pauk juga jangan khawatir, sebab ada menu seperti tahu/tempe goreng, tempe mendoan, pepes, satu paru sapi, dan sebagainya. Sedangkan menu minuman harganya juga terjangkau, sekitar Rp 5-23 ribuan saja.

Loading...