Sudah Tidak Bertelur, Berapa Harga Ayam Merah Afkir?

Harga Ayam Merah Afkir - www.majalahinfovet.comHarga Ayam Merah Afkir - www.majalahinfovet.com

JAKARTA/BELITUNG – Karena sudah tidak lagi produktif dalam bertelur, ayam merah afkir akhirnya sering untuk memenuhi permintaan potong. Biasanya, ayam afkir merah ini banyak diperdagangkan menjelang perayaan . Di , harganya di tingkat berkisar Rp40 ribu hingga Rp50 ribuan per ekor. Sementara, di sejumlah e-commerce, harganya bisa lebih mahal.

Dinamakan ayam petelur afkir karena ayam tersebut sudah tidak lagi produktif pada akhir masa produksi telur, yakni usia 72 hingga 80 minggu. Ayam petelur awalnya sanggup memproduksi 85 persen hingga 100 persen telur setiap harinya. Namun, seiring berjalannya waktu, sejumlah ayam petelur tersebut hanya sanggup memproduksi kurang lebih 25 persen telur per hari, bahkan ada yang tidak sanggup berproduksi sama sekali.

Tidak mau rugi, biasanya para peternak memang mengambil jalan pintas, yakni menjualnya ke untuk diolah dagingnya. Di tingkat peternak ini, harga ayam merah afkir biasanya berada di kisaran Rp40 ribu hingga Rp50 ribuan per ekor. Sementara itu, jika Anda membelinya lewat situs jual beli online, harganya akan lebih mahal, sekitar Rp48 ribu hingga Rp100 ribuan per ekor, tergantung umur dan berat unggas.

Ayam afkir sendiri sering diperdagangkan menjelang perayaan seperti Lebaran. Di Kabupaten Belitung misalnya, untuk kebutuhan Idul Fitri tahun 2021, sebanyak 40 ribu ekor ayam merah afkir sudah disiapkan oleh Dinas Ketahanan dan Pertanian Kabupaten Belitung. tersebut relatif tidak jauh berubah dari tahun sebelumnya. Ayam-ayam tersebut berasal dari para peternak ayam petelur setempat dan dikatakan cukup untuk memenuhi kebutuhan hari raya.

“Harganya sekitar Rp40 ribu hingga Rp50 ribuan per ekor ayam merah,” papar Kepala Dinas Ketahanan dan Pertanian Kabupaten Belitung, Destika Effenly, dilansir dari Pos Belitung. “Jumlah ayam afkir tersebut cukup untuk memenuhi kebutuhan hari raya beberapa hari lagi. Sementara, untuk ayam potong pedaging, juga ada sekitar 40 ribu ekor ayam.”

Loading...