Sudah Diwajibkan, Harga Kartu E-Toll Tergantung Saldo

Kartu E-Toll - www.tribunnews.comKartu E-Toll - www.tribunnews.com

Per bulan Oktober 2017 kemarin, sejumlah ruas di beberapa daerah di sudah mulai mewajibkan pengendara untuk membayar menggunakan elektronik atau e-toll. Untuk mendapatkan e-toll tersebut, para bisa membeli elektronik yang diterbitkan oleh beberapa bank dengan bervariasi, tergantung saldo, dan bisa diisi ulang.

“Sebagai salah satu operator jalan tol, kami secara bertahap sudah menerapkan program non-tunai di jalan tol dengan melaksanakan pembayaran tol dengan menggunakan kartu elektronik,” ujar General Manager PT Jasa Marga Cabang Surabaya, Teddy Rosady. “ juga telah menyiapkan perencanaan non-tunai dengan melakukan berbagai program dan bekerja sama dengan Himpunan Bank Negara.”

Dengan penerapan ini, maka semua transaksi pembayaran di jalan tol otomatis akan menggunakan e-toll card. Nah, e-toll card sendiri sudah disediakan oleh beberapa bank di Tanah Air, sebut saja Bank Mandiri melalui E-money, TapCash dari Bank BNI, kartu Flazz dari BCA, kartu Brizzi dari BRI, dan kartu Blink dari Bank Tabungan Negara atau BTN.

Harga kartu e-toll tersebut bervariasi, tergantung saldo kartu yang bersangkutan. Di salah satu situs jual beli , ada yang menjual kartu E-money dari Bank Mandiri dengan harga Rp75.000, sudah termasuk saldo sebesar Rp50.000. Sementara, lainnya, seperti TapCash dari BNI, ditawarkan dengan harga perdana mulai Rp50.000 berisi saldo Rp40.000 dan Rp150.000 berisi saldo Rp140.000.

Untuk memudahkan pengguna jasa, e-toll juga dapat dilakukan top-up di gerbang tol yang menyediakan top-up tunai. Saat ini, sedang dilakukan penambahan titik top-up tunai uang elektronik di 50 gerbang tol. Selain itu, saat ini sedang dikaji kemungkinan enhancement tanpa harus melakukan tapping, tetapi dengan menggunakan sensor (tanpa henti), yang biasa disebut dengan Multi Lane Free Flow-MLFF.

“Untuk memudahkan Anda top-up atau isi ulang, pakai kartu e-money dari bank penerbit yang sama dengan rekening bank Anda,” saran situs Liputan6. “Misalnya, jika Anda memiliki rekening Bank Mandiri, upayakan menggunakan Mandiri E-money. Sementara, jika Anda punya rekening BNI, sebaiknya pakai BNI TapCash, dan seterusnya. Dengan begitu, Anda bisa top-up dengan transfer dari rekening bank Anda.”

Loading...