Stok Terbatas, Harga Ikan Tuna di Pasaran Naik

Harga, ikan, tuna, di, pasaran, ukuran, besar, sedang, kecil, kiloan, pasar, Ternate, Pharaa, nelayan, sirip, kuning, biru,Stok Terbatas, Harga Ikan Tuna di Pasaran Naik (giveitsomethyme.com)

tuna dikenal dengan dagingnya yang lezat serta kandungan gizi yang cukup lengkap. Maka tak mengherankan jika jenis ikan ini banyak dikonsumsi oleh masyarakat sebagai lauk ataupun sebagai penambah gizi bagi tubuh. Di pasaran, ikan tuna ini biasa kiloan ataupun per ekor.

Ikan tuna sendiri memiliki beragam jenis, namun yang paling sering dikonsumsi adalah jenis ikan tuna sirip kuning dan ikan tuna sirip biru. Perkara harga, ikan tuna mempunyai banderol harga yang beragam, biasanya harga ditentukan berdasarkan ukuran serta jenis ikan tuna tersebut.

Akibat terbatasnya , harga ikan cakalang dan tuna ukuran besar yang ditawarkan para pedagang di Ternate, Maluku Utara melambung jika dibandingkan dengan harga normal. Menurut salah seorang pedagang ikan di Higienis Ternate, harga ikan cakalang dan tuna besar yang normalnya sekitar Rp500.000 per ekor, pada pekan lalu dijual dengan harga mencapai Rp650.000 per ekor.

Demikian pula pada ikan cakalang ukuran sedang, yang normalnya ada di harga Rp100 ribu per ekor, minggu ini naik menjadi Rp150 ribu per ekor. Sementara untuk ikan berukuran kecil masih bertahan di kisaran harga Rp40 ribuan per ekor. Stok ikan cakalang dan tuna besar di pasaran Ternate yang kerap dibeli pengusaha rumah makan dalam sepekan terakhir disebut agak terbatas, karena pasokan dari kurang menyusul cuaca buruk yang melanda wilayah Maluku Utara.

Kondisi serupa juga terjadi di pasar Pharaa Sentani. Di pasar ini, harga ikan dan ikan air tawar masih relatif tinggi. Hal tersebut diakibatkan kondisi cuaca selama sebulan terakhir yang tidak bersahabat dengan nelayan.

Rasmini, pedagang ikan laut di pasar Pharaa mengatakan harga ikan tuna ukuran sedang dibeli dari nelayan langsung di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pasar Hamadi Kota Jayapura mencapai Rp150 ribu per ekor. Sementara ikan layar ukuran besar bisa mencapai Rp4 juta per ekor.

“Sudah sebulan ini harga ikan laut basah maupun kering kita jual dengan harga Rp150 ribu per ekor. Tetapi ada juga yang ukurannya agak besar dijual dengan harga Rp200-250 ribu per ekor. Karena belinya di nelayan hanya mendapat keuntungan Rp10-20 ribu per ekor,” jelas Rasmini, dilansir dari Jubi.

ikan lainnya juga menyampaikan hal senada. Menurutnya, sudah sebulan ini musim angin yang kencang membuat hasil tangkapan mereka berkurang.

“Biasanya sebelum ada cuaca seperti ini, ikan lohan yang saya jual di pasar ini dalam sehari bisa mencapai 10 hingga 15 tumpuk. Ikan gabus paling tinggi enam tumpuk. Setumpuk lohan goreng ada yang harganya Rp50 ribu hingga Rp100 ribu per tumpuk. Ikan gabus per tumpuk Rp150 ribu,” ujarnya.

Loading...