Stok di Pengepul Menipis, Harga Ikan Gurame 1 Kg Naik Sejak Januari 2018

Ikan Gurame - id.wikipedia.orgIkan Gurame - id.wikipedia.org

Sejak awal tahun 2018 lalu ikan tawar per 1 kg termasuk gurame di sejumlah ternyata dilaporkan mengalami kenaikan. Hal ini dikarenakan menipisnya stok ikan tawar di sejumlah pengepul.

“Ikan gurami sebelum tahun baru berada di kisaran Rp 32 ribu per kg kini naik menjadi Rp 35 ribu per kg sedangkan ikan bandeng yang dulu berada di Rp 20 ribu per kilo kini menjadi Rp 25 ribu per kilogram. Hal ini dikarenakan stok menipis karena libur panjang,” kata salah satu ikan tawar bernama Misbakul di Pasar Gayamsari Semarang bulan Januari 2018 lalu, seperti dilansir Tribunnews.

Tak hanya di Semarang, salah satu pedagang bernama Muslikah di Pasar Baru Kudus, Jawa Tengah juga mengatakan jika harga ikan-ikanan sudah melonjak sejak Januari 2018 lantaran para nelayan tidak melaut di tengah gelombang yang sedang tinggi. “Kenaikan harga jual ikan mulai terasa sejak bulan Januari lalu,” kata Muslikah.

Bahkan kabarnya stok ikan laut kini pun mulai langka. Jika ada stok yang pun ternyata menurut Muslikah hanya stok ikan lawas yang disimpan di tempat pendingin. Oleh sebab itu Muslikah mengatakan jika ikan laut yang di pasaran saat ini kurang bagus karena didapat dari hasil tangkapan beberapa minggu sebelumnya.

Alhasil pedagang yang menjual ikan laut seperti dirinya pun beralih menjual ikan tambak seperti bandeng, lele, nila, dan gurame. Di Kudus harga ikan gurame yang sebelumnya Rp 35 ribu per 1 kg mengalami kenaikan tipis menjadi Rp 36 ribu per kilogram.

Sementara itu, berdasarkan di Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, per tanggal 3 Maret 2018 harga ikan gurame rata-rata di tingkat eceran saat ini berkisar di angka Rp 35 ribu hingga Rp 50 ribu per 1 kg. Rata-rata harga ikan gurame termahal ada di Lubuk Linggau, sedangkan harga ikan gurame termurah di Probolinggo. Namun perlu diingat bahwa harga ikan gurame 1 kg yang berlaku di setiap tempat kemungkinan bisa berbeda-beda, tergantung stok yang ada di supplier.

Loading...