Solusi Pemilik Motor Beda Daerah, Harga Perpanjang SIM C Online Cuma Rp 50 Ribu

Surat Izin Mengemudi - www.polri.go.id

Dulu perpanjangan surat mengemudi (SIM), baik SIM A maupun SIM C memang tergolong merepotkan karena sang pemilik harus datang langsung ke kantor Samsat di tempat domisilinya. Akan tetapi saat ini sudah ada SIM Keliling di sejumlah daerah sehingga bisa lebih memudahkan para pemilik kendaraan bermotor. Harga atau yang harus dikeluarkan untuk perpanjang SIM C pun tidak terlalu menguras kantong.

-syarat dalam pembuatan atau perpanjangan SIM secara online yang akan habis masa berlakunya adalah dengan membawa KTP (e-KTP) dan SIM yang hendak diperpanjang. Menurut Kepala Polresta Bogor Ulung Sampurna Jaya, data kependudukan dalam KTP dapat diakses dan dijadikan data dasar SIM oleh petugas kepolisian. “Sistem ini mempermudah masyarakat dalam membuat SIM di seluruh Indonesia. Maksudnya, masyarakat dari luar Kota Bogor bisa membuat SIM di Polresta Kedung Halang ini,” ungkap Ulung, seperti dilansir Pikiran Rakyat.

Layanan SIM online ini lebih memudahkan masyarakat yang hendak memperpanjang SIM beda daerah. Tarif perpanjang SIM C online cukup terjangkau, untuk perpanjangan SIM A dikenai biaya sebesar Rp 80.000, SIM C harganya Rp 50.000, kemudian sang pemohon akan dikenai biaya asuransi sebesar Rp 50.000, dan biaya kesehatan Rp 40.000. “Dalam sehari, kami bisa mencetak hingga 300 keping SIM,” tutur Ulung.

Cara atau prosedur perpanjang SIM C online cukup mudah karena hampir sama seperti sistem sebelumnya. Pemohon perlu mendaftarkan diri di situs //sim.korlantas.polri.go.id/, dengan mengklik menu SIM Online, lalu klik Lanjut. Pemohon tinggal mengisi formulir Data Permohonan secara lengkap dan juga data-data lain yang dibutuhkan. Setelah seluruh informasi diisi dengan benar, pemohon menentukan tanggal datang, lalu klik Kirim.

Nantinya akan muncul halaman konfirmasi registrasi online yang telah berhasil dibuat. Bukti registrasi online tersebut akan muncul di email pemohon. Usai melakukan pendaftaran online, pemohon tinggal melakukan biaya yang ditagihkan untuk perpanjangan SIM melalui ATM, EDC, atau teller di seluruh lokasi BRI. Perpanjangan SIM C online ini bisa dilakukan di Kantor Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas), gerai SIM di tempat keramaian, hingga SIM keliling.

Loading...