Solusi Aman Transaksi Online, Kartu VCN Mandiri Sudah Mendapatkan Sertifikasi Dari Visa

Transaksi Lebih Mudah Dengan Adanya VCNTransaksi Lebih Mudah Dengan Adanya VCN

Sebagian besar kini menggunakan sistem online seiring dengan perkembangan zaman. Sedangkan, untuk pembayarannya, metode yang sering digunakan adalah menggunakan kartu kredit.

Bagi yang belum atau tidak memiliki kartu kredit, Anda masih bisa melakukan pembayaran dengan memakai kartu debit. Tetapi, karena kartu debit berhubungan langsung dengan nomor , maka ada solusi aman transaksi online dengan kartu debit, yaitu Virtual Card Number (VCN).

Dengan VCN, dapat melakukan transaksi belanja online. Pada saat ini, setidaknya ada dua bank yang menyediakan layanan tersebut, BNI dan Bank Mandiri. “VCN itu sama seperti nomor kartu (debit) tapi itu virtual dan itu masa berlakunya hanya 48 jam, jadi dia kayak disposable nomornya, jadi hanya dipakai untuk transaksi tertentu, sesudah 48 jam dia sudah tidak berlaku lagi, tidak valid lagi. Kalau mau transaksi lagi lewat dari 48 jam, harus online ke situsnya BNI. Jadi bentuknya dynamic password,” jelas Irni, Vice President & Country Manager Bank Indonesia (BNI).

Sebagai inovasi dalam sistem pembayaran, MasterCard Internasional dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) telah menjalin kerjasama BNI Debit Online, yang ditujukan kepada nasabah BNI dalam melakukan transaksi online yang didasarkan pada Kartu Debit BNI.

Tidak kalah dengan BNI, Bank Mandiri juga memiliki kartu debit yang bisa digunakan untuk transaksi secara online. Kartu Mandiri Debit merupakan kartu debit visa pertama di Indonesia yang sudah mendapatkan sertifikasi oleh Visa (VbV–3D Secure) untuk dapat digunakan untuk berbelanja online. Transaksi kartu Mandiri Debit ini hanya dapat dilakukan pada toko online yang sudah Verified by Visa (VbV/ 3D Secure). Sertifikasi ini untuk memastikan transaksi sekaligus melindungi Anda dari cyber fraud.

Transaksi dapat dibilang aman karena dilengkapi oleh Password/Authorization code yang berbeda setiap kali transaksi dilakukan (One Time Password/OTP). Password/authorization code dikirim oleh sistem Bank Mandiri ke nomor handphone nasabah yang telah terdaftar di sistem Bank Mandiri.

Saat transaksi belanja online, Anda hanya perlu memasukkan nomor kartu Mandiri Debit, 3 digit terakhir nomor CVV yang ada di belakang kartu dan kedaluwarsa kartu. Selanjutnya, pengguna akan menerima password/ authorization code yang diterima di nomor handphone Anda, yaitu berupa 6 (enam) angka rahasia. Password/authorization code ini akan selalu berubah setiap melakukan transaksi. Pada tahap akhir, masukkan password/authorization code yang telah diterima ke layar konfirmasi yang muncul pada layar transaksi belanja Anda.

“Diharapkan alat pembayaran ini akan memberikan channel baru untuk kenyamanan melakukan transaksi dan mendorong peningkatan frekuensi maupun volume transaksi nasabah,” kata Direktur Micro and Retail Banking Bank Mandiri Hery Gunardi.

Ia menjelaskan peluncuran fitur transaksi online kartu Mandiri Debit ini merupakan upaya perseroan untuk mengembangkan dengan fokus pada segmen retail payment. “Ini bentuk komitmen kami untuk selalu melakukan inovasi dalam memberikan layanan perbankan yang dibutuhkan nasabah, khususnya pada transaksi online yang tengah menjadi tren di masyarakat,” kata Hery.

Loading...