Simpel, Ini Syarat Mengurus ATM BCA yang Tertelan

Ilustrasi: pengguna ATM BCA (sumber: onosembunglango.net)Ilustrasi: pengguna ATM BCA (sumber: onosembunglango.net)

JAKARTA – Karena beberapa faktor, seperti mesin ATM yang rusak atau eror, listrik mati, keliru memasukkan nomor PIN, atau lupa menarik kartu setelah , yang kita miliki tertelan di mesin ATM. Jika kebetulan Anda adalah , syarat mengurus ATM pengganti cukup mudah dan bisa dilakukan di kantor cabang tempat Anda membuka .

“Fitur ATM dapat nasabah gunakan untuk mengambil tunai, melakukan transfer baik tunai maupun non-tunai, mengecek rekening, dan berbagai macam transaksi lainnya,” tulis Republika. “Namun, ATM juga merupakan sebuah mesin yang terkadang mengalami gangguan atau eror, salah satunya adalah ‘menelan’ ATM Anda.”

Namun, bagi nasabah yang mengalami kejadian demikian, tidak perlu panik terlebih dahulu. Langkah pertama, ketika kartu ATM tertelan di mesin, sebaiknya catat di mana lokasi ATM serta tanggal dan waktu kejadian berlangsung, sebagai tanda bukti untuk melaporkan ke customer service . Kemudian, segera hubungi customer service dan minta untuk melakukan pemblokiran kartu ATM.

“Biasanya, pada saat pemblokiran, Anda akan ditanyai beberapa data-data penting untuk mencocokkannya dengan informasi yang ada pada bank tersebut,” sambung Republika. “Untuk itu, Anda harus menyiapkan beberapa data, seperti identitas diri, nomor rekening tabungan, alasan pemblokiran, dan lokasi dan waktu terakhir melakukan transaksi serta nominal terakhir saldo di dalam rekening.”

Jika kebetulan Anda adalah nasabah BCA, Anda bisa menghubungi HaloBCA di nomor (021) 1500888 dan Anda cukup mengatakan kepada customer service bahwa ATM Anda tertelan. Selanjutnya, Anda akan ditanyai nomor rekening tabungan, nomor kartu ATM yang bermasalah, kartu ATM (Silver, Gold, Platinum), nama ibu kandung, serta nomor telepon saat membuka rekening BCA.

“Yang pasti, mengurus kartu ATM tertelan ini tidak bisa dilakukan lewat telepon atau email. Anda harus tetap datang ke kantor cabang BCA tempat membuka rekening,” tulis salah satu nasabah bernama Chandra. “Di sana, Anda harus menyiapkan persyaratan seperti buku tabungan, bukti identitas diri, serta nomor PIN kartu ATM untuk membuat kartu ATM yang baru.”

Loading...