SIM A Anda Hilang? Ini Cara & Biaya Mengurus SIM A Yang Hilang

Mengurus SIM A - www.tokopedia.comMengurus SIM A - www.tokopedia.com

Setiap orang bisa saja lalai menyimpan barang-barang berharga seperti STNK dan izin mengemudi (SIM). Jika yang hilang hanya benda berharga seperti , dompet, atau perhiasan, beberapa orang mungkin memutuskan untuk membeli yang baru. Namun bagaimana jika yang hilang adalah SIM? Bagaimana cara mengurus SIM A maupun C yang hilang? Apakah akan dikenai biaya untuk pengurusannya?

Rupanya menurut Kepala Seksi SIM Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Fahri Siregar, pemilik SIM A atau C yang hilang tak perlu membuat SIM baru, sebab SIM yang hilang bisa diganti. untuk mengurus SIM A yang hilang pun sama seperti melakukan perpanjangan masa berlaku SIM.

“Tetapi langkah utama, harus melaporkan kehilangan kepada polisi, seperti melaporkan kehilangan lainnya. Bukti surat dari polisi itu dijadikan sebagai bukti,” ungkap Fahri seperti dilansir Kompas.

Setelah mendapatkan surat pernyataan kehilangan SIM dari polisi, pemohon dapat langsung datang ke Satuan Penyelenggara SIM (Satpas), kemudian melaporkan bahwa hendak mengurus kehilangan SIM. “Nanti akan dibantu oleh petugas, dan diarahkan sampai selesai,” beber Fahri.

Untuk mengurus SIM A dan SIM C yang hilang, maka pemohon akan dikenai biaya layaknya membayar perpanjang masa berlaku SIM. “Jadi sesuai dengan golongan SIM-nya itu sendiri,” tandas Fahri.

Berdasarkan informasi dari resmi Polri terkait Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 60 tahun 2016 tentang dan atas Penerimaan Bukan Pajak (PNBP) di lingkungan Polri , biaya mengurus SIM A yang hilang untuk tahun 2017 ini dikenai Rp 80 ribu, sedangkan untuk pembuatan SIM A baru biayanya Rp 120 ribu. Kemudian untuk mengurus SIM C yang hilang dikenai tarif Rp 75 ribu, sedangkan pembuatan SIM C baru biayanya Rp 100 ribu.

Bagi pemohon yang SIM A maupun SIM C-nya hilang namun SIM masih berlaku, maka pemohon tidak perlu melakukan ujian SIM ulang. Namun jika masa berlakunya sudah habis, maka pemohon biasanya diharuskan mengikuti tes ulang dan dikenai biaya layaknya pembuatan SIM baru.

Loading...