Shutdown Government AS Berakhir, Rupiah Dibuka Menguat 11 Poin

rupiah - katadata.co.idrupiah - katadata.co.id

mampu tampil perkasa pada pembukaan perdagangan Selasa (23/1) ini di tengah yang menyebutkan bahwa penutupan pemerintahan telah berakhir. Seperti diberitakan Bloomberg Index, mata uang Garuda membuka hari ini dengan 11 poin atau 0,08% ke level Rp13.339 per dolar AS. Sebelumnya, spot sempat ditutup melemah 34 poin atau 0,26% di posisi Rp13.350 per dolar AS pada akhir Senin (22/1) kemarin.

Dikutip dari Tempo, Kongres AS dikabarkan telah menyepakati undang-undang pembiayaan jangka pendek selama tiga pekan untuk membiayai kegiatan operasional pemerintahan Donald Trump dan mengakhiri penutupan pemerintahan (government shutdown) AS selama tiga hari. Hal tersebut tercapai setelah Senat melakukan voting pada Senin sore, yang menghasilkan 81 suara setuju dan 18 suara lainnya menolak.

Kesepakatan bujet di Kongres ini termasuk program Deferred Action on Childhood Arrivals (DACA), yang merupakan isu tentang imigran, serta pendanaan untuk program Children’s Health Insurance Program. Sebelumnya, penutupan AS sempat membuat 700-800 ribu pegawai Federal AS diistirahatkan selama sehari karena bujet instansi dan gaji mereka belum disetujui Kongres.

Undang-undang tersebut akan segera ditandatangani oleh Donald Trump pada Senin malam waktu setempat untuk mengakhiri penutupan pemerintah secara resmi. Dan, pengesahan undang-undang dan penandatangan oleh Trump tersebut membuat pemerintah AS akan kembali beroperasi pada hari Selasa waktu setempat.

sebenarnya tidak terlalu khawatir dengan penutupan pemerintah AS,” ujar Ekonom Bank Mandiri, Rully Arya Wisnubrata, seperti dilansir Kontan. “Secara fundamental, investor justru lebih fokus pada sentimen-sentimen yang terkait dengan perkembangan data ekonomi AS, selain menantikan proses normalisasi kebijakan moneter dari bank sentral di negara-negara lainnya, seperti European Central Bank (ECB).”

Sementara itu, mengenai pelemahan yang dialami rupiah pada Senin kemarin, Analis Valbury Asia Futures, Lukman Leong, mengatakan bahwa hal tersebut bersifat teknikal. Pelaku pasar juga melakukan aksi ambil untung setelah mata uang Garuda mengalami penguatan cukup tajam di pekan sebelumnya. “Untuk hari ini, rupiah bakal menguat terbatas di rentang Rp13.300 sampai Rp13.350 per dolar AS,” kata Lukman.

Loading...