Setoran Awal Rendah, Tabungan BRI Simpedes Terapkan Saldo Minimum Rp 50 Ribu

BRI Simpedes - banksentral.comBRI Simpedes - banksentral.com

PT Bank Rakyat menawarkan berbagai jenis atau simpanan, mulai dari Britama, Simpedes, Simpedes TKI, Haji, hingga Junio. Dari sekian banyak tabungan tersebut, Simpedes adalah jenis tabungan yang cukup banyak dipilih oleh karena nominal setoran awalnya cukup rendah, hanya Rp 100 ribu saja ketika pembukaan . Sementara itu, saldo minimum BRI Simpedes yang tertahan dalam adalah Rp 50 ribu.

Simpedes sendiri merupakan simpanan dalam bentuk tabungan yang dilayani di BRI Unit, yang penyetorannya dapat dilakukan setiap saat dan frekuensi serta jumlah pengambilan tidak dibatasi sepanjang saldonya mencukupi. Setelah membuka rekening dengan setoran awal Rp 100 ribu, nasabah bisa melakukan setoran selanjutnya hanya dengan minimal Rp 10 ribu.

Kemudian, setiap bulannya rekening BRI Simpedes akan terkena potongan bulanan berupa sebesar Rp 5.500. Apabila nasabah memiliki saldo di bawah saldo minimal Rp 50 ribu, maka nasabah akan dikenai denda per bulan Rp 5.000. Ketentuan saldo minimal BRI Simpedes yang bisa diambil ini masih dikeluhkan oleh beberapa nasabah. Pasalnya dalam setiap penarikan setidaknya harus tersisa saldo sebesar Rp 50 ribu yang bagi beberapa kalangan nasabah dirasa cukup memberatkan.

“Agak keki juga waktu itu. Lagi butuh-butuhnya duit, tapi enggak bisa ambil. Padahal masih ada Rp100 ribu di rekening. Lumayan besar itu buat saya yang masih menjadi mahasiswi,” kata salah satu nasabah bernama Dita, seperti dilansir Tirto.

Lantas apa sebenarnya alasan setiap bank menerapkan ketentuan saldo tertahan bagi para nasabah? Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengungkapkan jika penerapan saldo mengendap ternyata adalah kebijakan masing-masing bank dan pihak OJK sama sekali tak mengatur besaran tertentu saldo yang ditahan. “Ini masalah kebijakan masing-masing bank. Kami enggak atur itu. Tapi yang pasti, saldo ditahan memang untuk menutupi overhead cost bank dalam mengelola deposan,” ujar Heru Kristiana, Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK.

Walaupun besaran setoran minimal saat pembukaan rekening cukup rendah, BRI Simpedes ternyata masih menawarkan sejumlah seperti e-banking BRI (SMS Banking, Internet Banking, Mobile Banking, SMS Notifikasi, dan lain-lain), transaksi otomatis yang meliputi Automatic Fund (AFT), account sweep, hingga automatic grab fund (AGF).

Loading...