Seteru Polri VS KPK Turut Anjlokkan saham IHSG

kpk polriRupiah dibuka 25 basis poin pada sesi awal perdagangan antar Bank lokal di posisi Rp 12.480 per Dolar . Pakar Ekonom Samuel Sekuritas, Rangga Cipta, turut berkomentar tentang adanya faktor eksternal dimana Pemilu Yunani yang telah dimenangkan oleh Partai Syriza turut berkontribusi melemahkan nilai Rupiah. Tak lain karena kemungkinan bahwa Yunani akan keluar dari zona Euro semakin kuat. “Situasi ini telah menempatkan lebih banyak tekanan pada Euro, yang juga mempengaruhi kebanyakan di seluruh dunia termasuk Rupiah,” kata Rangga. Rangga juga menambahkan bahwa hal ini akan meningkatkan kekhawatiran investor mengenai kesetabilan kondisi global, karena sejumlah program dijadwalkan akan segera diganti.

Secara terpisah, Kepala Riset Woori Korindo Securities Indonesia, Reza Priyambada, menyampaikan bahwa faktor Yunani ini dapat mengganggu program bailout pemerintah. “Bagaimanapun, Rupiah akan tetap relatif stabil karena masih didukung oleh sentimen positif di pasar domestik,” tambah Reza. Reza juga optimis bahwa ekonomi Indonesia bisa tumbuh antara 5,6% hingga 5,8% sepanjang tahun . Pertumbuhan bruto domestik Cina sebesar 7,4% juga dipercaya oleh Reza turut mendongkrak posisi Rupiah.

Sementara itu, saham terjun sebanyak 1,9% akibat kemelut konflik KPK dan Polri di Indonesia baru-baru ini. Penurunan ini merupakan yang terparah sejak Oktober 2014. Perusahaan besar skala internasional seperti PT Unilever Indonesia (UNVR) sahamnya turun 4,9%, sementara PT Astra International dan PT sahamnya turun masing-masing sebesar 2,5% dan 3,7%.

Loading...