Sesuai Model dan Kain, Segini Ongkos Jahit Seragam Sekolah

Jahit Seragam Sekolah - bolmora.comJahit Seragam Sekolah - bolmora.com

PALANGKARAYA – Seragam merupakan salah satu pokok bagi , terutama ketika memasuki tahun ajaran baru. Selain bisa dibeli jadi, baik di maupun di toko-toko konveksi, banyak orang tua memilih untuk membuat sendiri seragam sekolah mereka melalui tukang . Ongkos untuk seragam sekolah ini bervariasi, tergantung kain dan seragam.

Setiap memasuki tahun ajaran baru, memang order jahit seragam sekolah meningkat pesat. Pesanan jahit seragam sekolah ini mulai tingkat SD (sekolah dasar), SMP (sekolah menengah pertama), hingga SMA (sekolah menengah atas). Banyak orang tua yang memilih menjahitkan seragam sekolah anaknya agar hasilnya lebih rapi dan lebih pas dengan tubuh anak mereka.

“Order untuk menjahitkan seragam sekolah sudah mulai meningkat, banyak orang tua murid sudah melakukan persiapan mulai dari sekarang,” ujar Yeni, salah satu penjahit di Jalan Cempaka, Palangkaraya, dilansir Tabengan. “Memang, orang tua ingin yang terbaik buat anaknya. Walaupun harus menunggu, tetapi hasilnya lebih pas di badan dan lebih rapi.”

Yeni sendiri mengaku, jika pada hari biasa dirinya hanya mendapatkan order satu hingga dua jahitan dalam satu minggu, maka ketika musim tahun ajaran baru, menerima dua hingga empat pesanan jahitan seragam sekolah. Selain pesanan secara perorangan, dirinya pun sering menerima pesanan secara partai, seperti baju batik sekolah.

Hampir senada, Anto, salah seorang pelanggan, menuturkan bahwa dirinya memang lebih senang membeli kain kemudian menjahitkan sendiri di tukang jahit langganan. Menurutnya, meski harus mengeluarkan uang lebih, tetapi hasil yang diperoleh lebih pas di badan. “Ini juga atas anak saya agar menjahit seragamnya daripada membeli jadi,” kata Anto.

Lalu, berapa ongkos yang harus dibayarkan untuk menjahitkan seragam sekolah? bervariasi, tergantung jenis kain, model seragam, dan kebijakan masing-masing tukang jahit. Ada yang memasang ongkos Rp75 ribu untuk satu stel celana dan kemeja, dan ada yang mematok harga Rp100 ribu hingga Rp140 ribuan per stel. Jika kain yang digunakan jenis pamatex dan kain tisu, ongkos jahit biasanya lebih murah, mulai Rp45 ribuan.

Loading...