Serupa TOEFL, LIA Sediakan Tes EPT dengan Biaya Terjangkau

Lembaga Indonesia Amerika (LIA) - kabar24.bisnis.comLembaga Indonesia Amerika (LIA) - kabar24.bisnis.com

Indonesia Amerika (LIA) adalah salah satu studi yang telah mengembangkan berbagai dengan terjangkau untuk masyarakat di Indonesia mulai dari General English, Bahasa Inggris untuk keperluan , hingga kelas percakapan (conversation). Sayangnya hingga kini LIA masih belum menyediakan tes TOEFL yang kerap dipakai sebagai persyaratan untuk profesi atau pendidikan tertentu. Sebagai gantinya, LIA menyediakan tes serupa yang dinamakan EPT (English Proficiency Test).

EPT sendiri adalah tes TOEFL buatan LIA yang juga mengukur semua aspek dalam kemahiran berbahasa Inggris, khususnya untuk keperluan akademis. Keterampilan berbahasa yang diuji meliputi mendengar (listening), berbicara (speaking), membaca (reading), dan menulis (writing). Sedangkan komponen bahasa yang diuji antara lain kosa kata, tata bahasa, pengucapan, termasuk intonasi dan tekanan.

“Semua butir soal dalam tes EPT telah diriset dan dianalisa sebelum digunakan dan data yang ada memperlihatkan keabsahan hasil-hasil tes EPT. Karenanya, prediksi nilai TOEFL dari tes EPT senantiasa akurat,” demikian bunyi pernyataan LIA di situs resminya.

Untuk mengikuti tes EPT biasanya bisa langsung mendaftarkan diri di LIA Test Center di Pengadegan. Biaya tes EPT LIA Rp 275.000, EPT + Essay Writing Rp 325.000, EPT – Oral Interview Rp 250.000, BET Rp 225.000, TESP Rp 110.000, dan Placement Test Rp 100.000. Cabang-cabang LIA yang lain biasanya baru bisa mengadakan tes EPT apabila memenuhi kuota peserta sekitar 15 orang.

Hingga kini LBPP yang telah berusia 58 tahun ini memiliki 77 cabang yang tersebar di seluruh Indonesia. “Antara lain seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, termasuk di Sukabumi, dan lain sebagainya,” kata Manager Lembaga Bahasa dan Pendidikan (LBPP) Lembaga Indonesia Amerika (LIA) Sukabumi, Siska Azhari, seperti dilansir Pojoksatu.

Hingga kini LBPP LIA se-Indonesia menurut Siska telah memiliki lebih dari 260 ribu siswa setiap tahunnya dan didukung lebih dari 1.000 tenaga pengajar. Selain menyediakan EPT, LIA juga memiliki program TOEFL Preparation Class yang fungsinya sebagai persiapan bagi para siswa sebelum mengikuti tes TOEFL yang sesungguhnya.

Loading...