Sering Disebut Minimalis, Perkiraan Biaya Bangun Rumah Type 36 Terbilang Variatif

perkiraan, biaya, bangun, rumah, type, 36, 45, minimalis, lantai, 1, 2, sederhana, sendiri, buat, variatif, rangka, paket, domus, imb, listrik, pln, harga, tipe, ongkos, tukang, tanah, bahan, bangunanBangunan rumah tipe 36 di perumahan (sumber: rumahdijual.com)

Rumah type 36 sering disebut dengan rumah minimalis. Ada juga beberapa orang menyebutnya sebagai rumah sederhana. Selain 36, type 45 juga sering disebut demikian. Memiliki rumah merupakan keinginan sebagian besar orang, terutama bagi yang sudah berkeluarga. Selain membeli rumah yang sudah jadi, sebagian lainnya memilih untuk membangun sendiri rumah minimalis impian mereka.

Bagi yang memilih membangun sendiri rumah tipe 36, Anda bisa menghitung biaya bangun rumahnya. Macam-macam biaya yang akan dikeluarkan antara lain ongkos atau biaya jasa tukang, biaya bahan bangunan, dan biaya-biaya lain termasuk biaya tidak terduga. Jika dinominalkan, perkiraan biaya bangun rumah type 36 tergantung dari keinginan masing-masing pemilik rumah, bisa sekitar Rp 300 juta-Rp 450 juta (termasuk tanah), bisa juga kurang dari nominal tersebut. Biayanya terbilang variatif.

Biasanya, rumah tipe 36 didesain dengan memiliki 1 . Sedangkan, untuk tipe 45, ada beberapa yang didesain dengan memiliki 2 . Jika mungkin Anda merasa terlalu berbelit jika harus memperkirakan biaya untuk bangun rumah sendiri dan berbagai bahan-bahannya, bisa dengan membeli produk yang disediakan oleh PT Tatalogam Lestari.

“Dinamakan Domus, ini adalah rumah permanen instan yang dibangun dengan sistem yang dikembangkan , guna memungkinkan masyarakat membangun rumah lebih efektif dan efisien. Estimasi pembangunan rumah pun hanya membutuhkan waktu lima hari saja,” ujar Digital Marketing Specialist PT Tatalogam Lestari, Gabriel Possenti.

Waktu yang terbilang cukup cepat itu dinilai karena sebelum membangun rumah, tim Domus akan melakukan perencanaan secara matang, disertai dengan penggunaan yang tepat dan teknik pengerjaan yang benar.

“Keunggulan dari rumah permanen instan ini adalah terjamin kokoh, hemat dan indah. Soal lokasi pembangunan tidak jadi masalah, Domus bisa didirikan di atas lahan yang terletak di perkotaan, urban, perkebunan, pertambangan, hingga daerah rawan bencana sekalipun,” imbuh Gabriel.

Domus diklaim tahan terhadap gempa dan dirancang dengan kombinasi dinding bata ringan, genteng metal, dan material berkualitas lainnya. Terdapat tiga pilihan paket yang bisa disesuaikan dengan , antara lain paket rangka, paket putih, dan paket komplit. Paket-paket tersebut dijual dengan harga yang berbeda.

Untuk Paket Rangka, terdapat 4 (empat) pilihan, yaitu Domus RI 21 dijual seharga Rp 19 jutaan, Domus RI 30 seharga Rp 24 jutaan, Domus RI 36 dijual Rp 26 jutaan, dan Domus RI 45 seharga Rp 31,5 jutaan.

Sedangkan, untuk Paket Putih, harganya berkisar Rp 40 jutaan hingga Rp 71 jutaan. Bahkan, Anda yang ingin memiliki rumah tipe 36 misalnya, bisa menyediakan uang Rp 59,7 jutaan, dan sudah bisa mendirikan rumah.

Selain Paket Rangka dan Putih, ada pula Paket Cantik. Masing-masing paket menyediakan tipe rumah yang sama, yaitu 21, 30, 36, dan 45, hanya harganya saja yang berbeda di setiap paket. Setiap paket bisa terdiri dari rangka praktis, rangka kuda-kuda, plafon, genteng, bata ringan, roster, keramik, kloset dan keran air, jendela dan pintu, dan lainnya.

“Penting diketahui bahwa harga tersebut sudah termasuk biaya PPN sebesar 10% berikut juga ongkos kirim area Jabodetabek (berlaku untuk semua paket). Kalau di luar Jabodetabek akan dikenakan minimum order dan biaya tambahan,” tandas Gabriel.

Akan tetapi, harga tiap paket dan tipe rumah itu belum termasuk pondasi, pengerjaan lantai kerja, septic tank, ruang dapur, pemasangan pipa buangan air kotor, serta pengurusan IMB dan instalasi listrik PLN. Harga yang juga dapat berubah sewaktu-waktu.

Loading...