Sering Disamakan Dengan Baking Soda, Harga Baking Powder Per Kg Sekitar Rp 20 Ribuan

harga, baking, powder, per, kg, 1, perbedaan, soda, kandungan, sodium, biocarbonate, pasta, gigi, kue, roti, bahan, pengembang, rasa, gusi, matang, pewarna, bahan, asam, adonan, hasil, jadiIlustrasi: bubuk baking powder (sumber: seriouseats.com)

Ketika membaca membuat atau , Anda mungkin akan sering melihat satu ini, yaitu . tersebut sering dianggap sama dengan baking soda. Padahal, keduanya berbeda, walaupun bentuknya serupa.

Baking soda dan baking powder adalah bahan pengembang kue. Ketika bahan ini dicampurkan dalam adonan dan dipanaskan dalam oven, bahan pengembang ini akan bereaksi dengan adonan dan menghasilkan karbondioksida sehingga membuat adonan mengembang.

Perbedaan antara baking soda dan baking powder terletak dari bahan pembuatnya. Baking soda terbuat dari sodium bicarbonate saja, sementara baking powder terbuat dari campuran sodium bicarbonate yang dicampur dengan bahan asam dan bahan lainnya.

Dikarenakan mengandung sodium bicarbonate saja, baking soda hanya akan bereaksi dan membuat kue mengembang jika dicampur dengan bahan yang mengandung asam, seperti telur, cokelat, yoghurt, madu, cuka, dan bahan lainnya.

Setelah semua bahan tercampur, reaksi mengembang akan terjadi saat itu juga. Supaya mengembangnya lebih sempurna, adonan yang sudah mengembang harus segera dimasukkan ke dalam oven.

Sementara itu, baking powder yang sudah mengandung asam tak perlu campuran bahan lain untuk membuatnya bereaksi. Saat baking powder tercampur dengan bahan , adonan akan langsung mengembang.

Selain dari bahan pembuatnya, perbedaan antara baking soda dan powder terletak pada rasa akhir yang dihasilkan pada kue. Dikarenakan sifatnya yang basa, penggunaan baking soda harus diperhatikan. Baking soda yang terlalu banyak akan membuat kue menjadi getir.

Sementara untuk baking powder, jika digunakan dalam banyak, dinilai tidak memengaruhi hasil jadi dan cita rasa kue. Hal ini dikarenakan adanya kandungan basa pada baking powder yang telah dinetralkan oleh krim tartar sehingga rasanya tidak terlalu pahit.

Untuk menggunakan kedua bahan ini, tentunya Anda harus memperhatikan kue yang ingin dibuat. Jika Anda ingin membuat kue tanpa telur, bisa menggunakan baking powder, tapi jika adonan kue memakai telur, Anda bisa menggunakan baking soda.

Di pasaran, baking soda dan baking powder bisa didapatkan di bahan-bahan kue. Untuk baking powder, harga jual per kg ( 1 kg) sekitar Rp 23 ribuan. Ada pula yang menjual seharga Rp 40 ribuan. Sementara, baking soda 1 kg dijual mulai harga Rp 6 ribuan.

Seperti yang telah disebutkan di atas, salah satu bahan yang ada pada baking soda dan powder adalah sodium biocarbonate. Menurut drg. Yudha Rismanto, Sp Perio, kandungan tersebut bisa digunakan untuk membersihkan plak di gigi. “Plak-nya itu yang berada di antara pertemuan gigi dan gusi.”

Kandungan tersebut bisa juga digunakan untuk membersihkan jaringan lunak yang cocok untuk gusi. “Pasta gigi yang mengandung sodium biocarbonate bisa membuat plak tidak akan matang. Selain itu, dapat membuang pewarna dari luar,” ujar dokter yang merupakan dosen Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia tersebut.

Pewarna yang dimaksud dr. Yudha berasal dari rokok, dan berlemak. “Untuk menjaga mulut, Anda harus pintar memilih pasta gigi yang mengandung sodium bicarbonate,” tutupnya.

Loading...