Sering Disalahgunakan, Berapa Harga Lem Aibon 1 Kg?

Lem Aibon - www.tokopedia.comLem Aibon - www.tokopedia.com

JAKARTA – Dalam dua tahun belakangan, lem aibon banyak dibicarakan oleh di , bukan karena kegunaannya sebagai perekat serbaguna, melainkan sering disalahgunakan oleh -anak. bebas di dengan harga mulai Rp37 ribuan untuk kemasan 1 kg, lem ini sering diisap oleh anak-anak dan remaja karena dikatakan bisa membuat mereka ‘fly’.

“Sebenarnya, lem aibon itu salah satu zat adiktif berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia, apalagi kalau sampai dikonsumsi,” tutur Paul Finsen Mayor, tokoh masyarakat adat Papua Barat dan pemerhati hak-hak dasar orang asli Papua. “Jadi, sungguh miris melihat ada banyak sekali anak-anak dan remaja asli Papua di Kota Sorong yang selalu mengisap lem aibon.”

Mayor menambahkan bahwa aktivitas isap lem aibon ini menjadi masalah serius yang harus diperhatikan semua pihak sebelum semuanya terlambat. Pasalnya, para pemakai aktif lem aibon masih berusia sekolah dasar dan ada juga yang belum sekolah. Karena itu, ia meminta agar setempat bisa mengambil kebijakan untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Sementara itu, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN), Komjen Polisi Budi Waseso, mengatakan bahwa penyalahgunaan lem aibon pada anak-anak selain bisa menimbulkan kecanduan, juga bisa menyebabkan kerusakan pada sel . Menurut Budi, bukan telernya, tetapi ada kerusakan permanen pada sel , yang bisa sangat berbahaya.

Sebenarnya, menurut keterangan di dalam kemasan, lem aibon ini ditujukan sebagai perekat serbaguna yang bisa digunakan untuk merekatkan melamin, logam, beton, papan fiber, asli atau imitasi, , karpet, plywood, packing mesin, tambal ban, plastik (kecuali polyethillene dan polyvinylchloride), dan sebagainya. Di dalam kemasan juga sudah ada peringatan bahwa menghirup atau mengisap lem tersebut dapat menyebabkan keracunan.

Di pasaran sendiri, ada banyak merek lem aibon, seperti Aica, HH, Fox, hingga Jackson. Dijual dalam berbagai kemasan mulai 70 gram hingga 1 kg, harga lem aibon memang sangat terjangkau. Untuk kemasan 1 kg saja misalnya, lem aibon merek Jackson cuma dijual mulai Rp37 ribuan, sedangkan merek Aica ditawarkan dengan harga Rp60 ribuan.

Loading...