Sering Dijuluki ‘Ikan Naga’, Harga Palmas Senegalus Bisa Sampai Rp 500 Ribuan

Ikan Palmas Senegalus - www.jualo.comIkan Palmas Senegalus - www.jualo.com

Spesies laut seperti memang sangat beragam. Tak hanya untuk , banyak pula yang menjadikan air tawar maupun air laut untuk di . Dari berbagai ikan eksotis yang ada, mungkin ikan palmas termasuk yang disukai oleh para penghobi, khususnya pecinta ikan predator. Ikan yang juga disebut ikan naga ini jenisnya ada bermacam-macam, salah satu yang menarik adalah palmas senegalus.

Palmas senegalus memiliki beragam nama lain, yaitu Senegal Bichir, Gray Bichir, Cuvier Bichir, Dinosaur Eel, Dinosaur Bichir, dan Dragon Fish. Ikan ini digolongkan sebagai ikan hias predator bawah (bottom cleaner) yang andal, sehingga berguna untuk membersihkan tank atau aquarium bagian dasar. Sepintas ikan ini mirip seperti belut dengan ujung kepala yang agak meruncing dan badan yang geraknya meliuk-liuk lincah.

Dibandingkan ikan palmas jenis lainnya, palmas senegalus kabarnya mempunyai ukuran tubuh yang tergolong kecil dengan panjang hanya sekitar 35 cm saja, sehingga cocok untuk para penghobi yang menyukai ikan hias berukuran kecil. ikan palmas senegalus pun variatif, tergantung warnanya. Adapun palmas senegalus albino shortbody (bertubuh pendek) yang hanya berukuran 10 cm harganya Rp 200 ribu, sedangkan palmas senegalus platinum ukuran 17-18 cm hingga Rp 500 ribu per ekor.

Selain dipelihara karena keunikannya, ikan palmas juga erat dikaitkan dengan hoki alias keberuntungan. Konon agar selalu hoki, ikan palmas yang dipelihara harus berjumlah 9 ekor dan berjenis albino bermata merah. Tetapi, bagi penghobi sejati, terkadang alasan menyukai ikan hias predator semacam ini sangat sederhana. Hal tersebut diakui oleh Rio, Komunitas Ikan Predator (KIP) di Bangka Belitung.

Pria yang memelihara Peacock Bass, Arwana Irian, Tapah, ragam Catfish, dan ikan Palmas ini bahkan rela mengeluarkan puluhan juta per bulan hanya untuk memelihara ikan-ikan predator tersebut. Rio mengaku senang dengan sensasi saat melihat ikan-ikan predator tersebut sedang makan. “Cara makan mereka yang bikin menarik. Mereka buas, dan itu seru. Peacock Bass itu nilai plusnya, dia juga indah, termasuk invasif yang enak dipandang,” ucapnya, seperti dilansir Tribunnews.

Loading...