Sering Dicari Penggemar Burung Hias/Kontes, Harga Kenari Bisa Mencapai Jutaan Rupiah

harga, kenari, burung, di, pasar, malang, jenis, jakarta, timur, lokal, anakan, per, ekor, pakan, cepuk, kicauan, kontes, hias, nyaring, sayuran, penggemar, nutrisi, jantan, kecil, superBurung kenari dalam sangkar (sumber: dallasnews.com)

Burung kenari dikenal sebagai burung yang suka berkicau. Suaranya khas, mungkin itu menjadi salah satu alasan mengapa burung tersebut dicari oleh penggemar burung. Tidak terkecuali di Burung Splendid, Malang. Terlebih dengan hawa Malang yang relatif dingin, disebut sebagai alasan mengapa burung kenari bisa berkembang biak dengan baik.

Burung hasil dari Malang terkenal berkualitas. Untuk kenari lokal sekalipun, biasanya posturnya agak besar. Namun, sayangnya burung kenari sempat berangsur-angsur merosot dari Rp 150.000 untuk menjadi hanya Rp 25.000 per ekor.

Seiring dengan berjalannya waktu, harga burung kenari mulai naik kembali. Menurut Mahmud, karyawan CV Malang Kenari Jaya yang biasa mengimpor aneka jenis burung, harga kenari lokal anakan rata-rata Rp 75.000 per ekor.

Untuk kenari lokal super jantan yang sudah gacor atau berkicau nyaring bisa mencapai Rp 250.000. Kios CV Malang Kenari Jaya milik Asun juga menjual Kenari F1 jantan biasa Rp 1,5 juta, Kenari F1 jantan kecil Rp 600.000 dan Kenari F2 jantan biasa Rp 2 juta.

Selain di Malang, di daerah Jakarta Timur, juga memiliki pasar yang menjual burung atau kontes, yaitu di Pasar Burung di Jalan Pramuka, Matraman. Di tempat tersebut, aneka jenis hewan unggas ini diperdagangkan. Dan, jenis burung kenari menjadi hewan yang banyak dicari.

Dari depan pasar itu, burung terdengar di sana-sini. Kadang terdengar seperti bersahutan. Hewan-hewan bersayap itu berada dalam aneka kandang. Penjualnya rajin membersihkan dan memberi makan.

“Burung kenari paling banyak dicari. Harga per ekor antara Rp 300 ribu sampai Rp 400 ribu. Tapi itu harga untuk kenari yang kicauannya biasa saja. Kalau untuk yang kicauannya sudah bagus, nyaring, istilahnya siap buat kontes, maka harganya beda lagi. Bisa Rp 3 juta sampai Rp 5 juta seekor,” ujar Lili, salah seorang penjual burung.

Supaya bisa dijadikan sebagai anggota atau pemenang kontes, selain dilatih kemampuan berkicaunya, perlu juga dirawat dengan baik. Salah satunya adalah mengenai . Sebaiknya Anda tidak memberi makan burung kenari secara berlebihan.

Memberi pakan secara berlebihan akan berdampak kurang baik pada penampilan dan kesehatan burung kenari. Selain bisa membuat burung gemuk, pakan yang berlebihan akan membuat kenari malas berbunyi dan lebih memerhatikan pakannya. Untuk hasil yang baik, berikan pakan biji-bijian dalam takaran tepat, misalnya 1/3 cepuk pakan.

Selain pakan utama berupa biji-bijian, kenari harus mendapatkan nutrisi dari pakan tambahan (Extra Fooding) secara rutin seperti buah dan sayuran. Agar hasilnya maksimal, pakan tambahan bisa disajikan secara bervariasi. Misalnya buah dan sayuran dipotong kecil-kecil dan dicampur jadi satu, kemudian dimasukkan dalam cepuk tersendiri.

Loading...