Serapan Meningkat, Berapa Harga DOC Ayam Hari Ini?

Harga DOC Ayam

Permintaan daging ayam memang cenderung meningkat karena daging tersebut masih menjadi favorit masyarakat . Nah, fenomena ini pun turut berimbas pada melonjaknya serapan DOC (day old chicken) atau bibit ayam di tingkat peternak. Imbasnya, DOC ayam pedaging hari ini pun beranjak naik di kisaran Rp5.000 hingga Rp5.200 per .

Sebelumnya, pada akhir 2016 lalu, Kementerian Pertanian telah mengeluarkan harga patokan ayam ras pedaging melalui Peraturan Menteri Pertanian Nomor 26 2016 tentang Penyediaan, Peredaran, dan Pengawasan Ayam Ras. Dalam aturan tersebut, harga untuk bibit ayam dipatok sebesar Rp4.800 per ekor dan harga ayam di kandang ditetapkan sebesar Rp18.000 per ekor.

“Kita membuat kesepakatan sekaligus mengeluarkan Permentan untuk menstabilkan harga di tingkat konsumen dan peternak,” ujar Menteri Pertanian, Amran Sulaiman, kala itu. “Jadi, disparitas harga yang tinggi kita tekan.”

Namun, karena penyerapan bibit ayam yang tinggi oleh peternak mandiri, saat ini harga DOC ayam pun naik menjadi Rp5.000 hingga Rp5.200 per ekor, setelah sebelumnya berada di kisaran Rp4.500 per ekor. “Sekarang ini kan, para peternak mandiri terus mengembangkan usahanya. Mereka membuka kemitraan-kemitraan, yang otomatis meningkatan serapan bibit,” jelas Ketua Umum Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat (Pinsar) Indonesia, Singgih Januratmoko, seperti dilansir Kontan.

“Kenaikan ini turut berdampak pada harga pokok produksi yang meningkat,” sambung Sigit. “Saat ini, harga pokok produksi berkisar Rp18.500 sampai dengan Rp19.000. Padahal, harga pokok produksi normalnya hanya berkisar Rp17.500 sampai Rp18.000. Peningkatan harga ini juga turut disumbang oleh kenaikan harga ternak, seperti jagung yang saat ini sudah menyentuh Rp4.200 per kilogram.”

Meski demikian, di beberapa online, ada penjual atau peternak yang menawarkan DOC ayam dengan harga yang cukup murah, yaitu mulai Rp3.800 per ekor untuk jenis ayam broiler super. Sementara, DOC ayam kampung ditawarkan dengan harga mulai Rp4.000 per ekor. Adapun DOC ayam petelur, di kisaran Rp6.000 hingga Rp8.000 per ekor.

Loading...