Sentimen Pemangkasan Bunga The Fed Makin Kuat, Emas Berhasil Naik Tipis

Emas batangan murni (sumber: considerable.com)Emas batangan murni (sumber: considerable.com)

Jakarta – Harga kembali berkilau pada hari Jumat. Kenaikan harga ini sejalan dengan keyakinan bahwa tak akan berpengaruh terhadap keputusan Federal Reserve, dalam memotong acuannya pada akhir bulan Juli 2019 ini. Pada Sabtu (13/7), di spot naik sebesar 0,9 persen menjadi USD 1.415,53 per ounce. Demikian pula dengan harga emas berjangka AS yang dilaporkan naik 0,4 persen ke posisi USD 1.412,20 per ounce.

“Data inflasi keluar sedikit di luar dugaan. Tampaknya setiap hari bahwa probabilitas penurunan suku bunga versus mempertahankan suku bunga tidak berubah. Ada ketidakpastian di sekitar itu. Jika harga emas ditutup di bawah level USD 1.400 pada hari Jumat, (itu) bisa menjadi pukulan bagi para pembeli. Saya melihat level resistance USD 1.441 untuk emas,” ujar Phillip Streible, ahli strategi komoditas senior di RJO Futures, seperti dilansir CNBC melalui Liputan6.

Fokus pasar setelah ini akan beralih pada komentar Presiden Fed Chicago, Charles Evans dan Presiden Fed New York, John Williams pada hari Senin depan. Para petinggi dijadwalkan akan mengadakan pertemuan pada tanggal 30-31 Juli 2019, di mana para investor akan mencari petunjuk lebih lanjut mengenai pelonggaran kebijakan moneter. Sedangkan di pasar fisik Asia, para konsumen mulai menjual kembali emas batangan guna memperoleh keuntungan di tengah kenaikan harga yang cukup tinggi selama beberapa hari belakangan.

Sementara itu, dari dalam negeri, harga emas batangan PT Aneka Tambang (Antam) Tbk hari ini, Sabtu (13/7) pada pukul 07.26 WIB terpantau naik sebesar Rp 5 ribu dari Rp 701 ribu per 1 gram kini menjadi Rp 706 ribu per gram dengan harga buyback atau pembelian kembali yang juga naik Rp 5 ribu dari Rp 630 ribu menjadi Rp 635 ribu per gram. Harga tersebut berlaku di Butik Emas LM Pulo Gadung Jakarta. Nah, di Pegadaian emas pecahan 1 gram terpantau kosong. Adapun untuk emas seberat 1/2 gram cetakan Antam seharga Rp 371 ribu.

Loading...