Sempat Tergelincir Akibat Penolakan SEC, Harga Bitcoin Hari Ini Kembali Bangkit

Bitcoin - www.unica.itBitcoin - www.unica.it

hari ini, Sabtu (28/7), naik tipis sebesar 0,02 persen ke level 8.184,60 per 1 BTC atau sekitar Rp 118 jutaan setelah dibuka pada posisi 8.183,02. Sepanjang hari ini telah bergerak pada rentang angka USD 8.155,95 hingga USD 8.208,89 dengan pangsa sebesar USD 141 miliar.

Sebelumnya, penurunan bitcoin di bawah USD 8.000 pada Kamis (26/7) lalu mungkin telah menekan suasana positif di pasar. Namun berdasarkan grafik teknis menunjukkan pandangan luas yang masih tetap bullish. Penurunan harga kemarin datang setelah penolakan kedua Securities and Exchange Commission’s (SEC) terhadap pengajuan Winklevoss bersaudara terkait ETF bitcoin.

Penolakan SEC ini disebut-sebut sebagai penolakan kedua kalinya dalam seminggu. Setelah penundaan keputusan CBOE awal pekan ini, rupanya badan pengawas tersebut masih keberatan dengan ETF kripto. Dengan adanya ETF (exchange traded fund) bitcoin, maka setiap orang bisa membeli bitcoin tanpa harus berurusan dengan pertukaran online yang mengalami masalah kredibilitas dan kurangnya regulasi.

SEC memang diketahui belum menyetujui ETF berbasis crypto dan mempermasalahkan hal-hal terkait keamanan, manipulasi pasar, dan perlindungan . Pada bulan Januari 2018 lalu, SEC berkomentar dalam sebuah surat bahwa, “Masalah perlindungan yang signifikan perlu diperiksa sebelum sponsor dapat menawarkan ini kepada investor ritel,” demikian seperti dilansir Express.

Sementara, keputusan SEC ini mungkin telah membebani sentimen di pasar cryptocurrency. Anjloknya harga bitcoin dan beberapa altcoin juga kemungkinan disebabkan oleh kondisi overbought. Khususnya, grafik harga jangka pendek telah memperingatkan adanya kemerosotan bitcoin di bawah USD 8.000 belum lama ini.

Akan tetapi dalam kurun waktu 24 jam rupanya bitcoin berhasil pulih secara tajam dari penurunan yang terjadi di perdagangan sebelumnya dan mencatat keuntungan mencapai 5,2 persen pagi ini. Lonjakan harga bitcoin dipicu saat BTC mencapai kisaran USD 7.800. Banyak investor ‘rapuh’ yang pesimis setelah kabar penolakan ETF Winklevoss. Namun banyak investor mulai tenang saat diingatkan bahwa proposal ETF VanEck memiliki peluang lebih tinggi untuk diterima, paling tidak karena memiliki harga saham minimum 25 BTC.

Loading...