Sempat Raih Rekor Tertinggi, Harga Bitcoin Tergelincir ke $ 2.860

Sepanjang pekan ini digital bergerak cukup . Pada Selasa (6/6) pagi, melonjak ke level tertinggi sepanjang masa di 2.967,48 berdasar CoinDesk Index atau sekitar Rp 39 jutaan jika dirupiahkan. Perolehan tersebut melampaui level tertinggi sepanjang masa yang pernah dicapai BTC sebelumnya di angka USD 2.791,69 pada (25/5) lalu.

Kala itu keuntungan year-to-day dari harga Bitcoin adalah 206,49%. Sebaliknya berdasar Standard & Poor’s 500 Index keuntungannya naik 8,68% pada tahun 2017. Namun seperti yang selama ini terjadi pada Bitcoin, harga tersebut memang tak bertahan untuk selamanya.

Pasca salah seorang ternama, Mark Cuban berceloteh di akun Twitter pribadinya soal , harga Bitcoin pun tergelincir dari level tertingginya. “Menurut saya ini hanyalah sebuah bualan. Saya tidak tahu kapan atau berapa banyak bitcoin akan terkoreksi. Saat setiap orang memamerkan betapa mudah mereka mendapat uang, bagi saya itu hanya bualan,” cuit Mark Cuban lewat akun Twitter @mcuban.

Cuitan tersebut akhirnya mengirim harga bitcoin jatuh ke posisi USD 2.742,33 sebelum rebound pada Rabu. Namun pelemahan Bitcoin berlanjut pada pertengahan hari Rabu dan membuat BTC berada pada level terendah USD 2.625,08 atau turun sekitar 11,54%.

Sedangkan pada tengah hari Jumat kemarin, harga Bitcoin beranjak pulih ke level USD 2.860 per 1 BTC (Rp 38 juta), atau hanya selisih USD 100 dari rekor tertingginya beberapa hari lalu. Untuk pekan ini harga Bitcoin telah mengalami kenaikan hingga 18,26%.

Sepanjang tahun 2017 ini pergerakan Bitcoin memang cukup volatile. Setelah pasang surut yang dialami selama seminggu ini, harga Bitcoin masih naik 195% pada tahun ini atau naik hampir sekitar USD 1.200 dalam 4 pekan terakhir saja. Pergerakan Bitcoin ini didukung oleh banyak hal mulai dari legalisasi Bitcoin di Jepang, kebijakan di yang kini beralih jadi pro-cryptocurrency, tren penawaran koin awal (yang harus dibeli dengan Bitcoin atau Ethereum), hingga banyaknya investor institusi yang menanamkan modalnya dalam BTC.

Loading...