Sempat Naik, Harga Sayuran Brokoli di Pasaran Tembus Rp 18 Ribu per Kg

Sayur Brokoli - www.bukumedis.comSayur Brokoli - www.bukumedis.com

Pada perayaan seperti Imlek 2570 beberapa waktu lalu, harga sejumlah ternyata mengalami kenaikan. Salah satunya seperti brokoli, bunga kol, hingga wortel. Sayur-mayur tersebut naik dengan besaran harga yang variatif. Bahkan kabarnya ada yang naik hingga 50%.

Sebagai , di induk harga brokoli hijau per 1 kilogram (kg) saat ini Rp 18 ribuan. “Saat ini, harga sayuran lagi mahal terutama yang biasa dikonsumsi masyarakat Tionghoa, seperti brokoli, bunga kol, wortel dan beat. Yang paling mahal itu kacang ercis yang saat ini mencapai Rp 30 ribu sekilo,” kata Hartati Ginting, salah satu pedagang sayuran di MMTC, Medan, bulan Februari 2019 lalu, seperti dilansir Medanbisnisdaily.

Di samping itu, menurut Hartati pasokan sayuran pun tak terlalu banyak. Biasanya untuk brokoli dipasarkan dengan harga Rp 10 ribu per kilo, namun ketika menjelang Imlek harganya mencapai Rp 18 ribu per kg. “Sekarang ini, kita jual Rp 15.000 per kg,” paparnya.

Brokoli sendiri diketahui sebagai salah satu sayuran penduduk di berbagai belahan dunia. Selain karena rasanya yang lezat, brokoli juga dikenal menyehatkan. Namun brokoli baru terasa enak, renyah, dan kaya apabila diolah dengan cara yang benar. “Brokoli sebenarnya enak jika dimasak dengan benar. Tapi saat dimasak dengan cara yang salah, sayuran itu akan lembek dan pahit,” ucap Leslie Durso, pembawa acara Accidentally Vegan.

Lebih lanjut Durso menuturkan, agar brokoli terasa enak dan renyah, pastikan untuk membeli brokoli utuh yang bagus. “Anda harus melihat brokoli utuh yang cantik (dan) memiliki hijau yang padat merata. Hindari brokoli utuh dengan bercak kekuningan kuning atau cokelat di beberapa sisi. Anda juga perlu memilih brokoli dan batang brokoli yang keras,” paparnya.

Kemudian brokoli juga harus dimasak dengan teknik dan waktu yang tepat. Durso menjelaskan, jika ingin memasak dengan teknik mengukus, maka brokoli paling pas dikukus di atas mendidih selama 4-5 menit. Sedangkan untuk memblansir brokoli, Anda hanya perlu menyediakan sepanci . Panaskan sampai mendidih, masukkan 2 sendok garam dan brokoli, lalu diamkan selama 60-90 detik. Baru kemudian angkat brokoli dan masukkan brokoli dalam wadah berisi es, lalu tiriskan.

Nah, jika ingin merebus, siapkan 1,5 liter air. Rebus air dan campurkan 2 sendok garam, biarkan sampai mendidih. Kemudian barulah masukkan brokoli dan masak sekitar 2-3 menit, lalu tiriskan.

Loading...