Sempat Menurun, Bunga Deposito Mata Uang Rupiah Yang Dijamin LPS Sekitar 6 Persen

bunga, deposito, yang, dijamin, lps, jenis, simpanan, nasabah, saldo, rekening, dana, nasabah, menurun, tingkat, tahun, 2017, 2018, bi, 7, days, repo, rate, pertumbuhan, tingkat, suku, mata, uang, rupiah, asing, valas, idrIlustrasi: menyimpan uang dalam bentuk tabungan

Lembaga Penjamin Simpanan atau menjamin beberapa simpanan yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Beberapa simpanan itu antara lain deposito, sertifikat deposito, , dan bentuk lain yang dipersamakan dengan itu, simpanan nasabah berdasarkan prinsip syariah, simpanan yang dijamin mencakup pula simpanan yang berasal dari lain, dan lainnya.

Sementara itu, untuk nilai simpanan yang dijamin LPS mencakup saldo pada tanggal pencabutan izin usaha bank. Saldo yang dijamin untuk setiap nasabah pada satu bank adalah hasil penjumlahan saldo seluruh simpanan nasabah pada bank tersebut, baik tunggal maupun gabungan (joint account). Untuk gabungan (joint account), saldo yang diperhitungkan bagi satu nasabah adalah saldo gabungan tersebut yang dibagi secara prorata dengan jumlah pemilik .

Berdasarkan situs lps.go.id, tingkat suku bunga suku bunga penjaminan yang dijamin LPS tahun 2018 termasuk deposito yaitu untuk mata uang (IDR) sebesar 6 persen. Sedangkan untuk mata uang asing (valas) sebesar 1,25 persen. Sementara untuk BPR, tingkat bunga penjaminan sebesar 8,50 persen.

LPS sempat memutuskan untuk menurunkan tingkat bunga penjaminan untuk simpanan dalam rupiah sebesar 0,25 persen menjadi 6 persen di Bank Umum dan 8,50 persen di Bank Perkreditan Rakyat (BPR). Bila nasabah memperoleh bunga bank lebih dari ketentuan itu maka simpanannya tidak dijamin LPS.

Di sisi lain, tingkat bunga penjaminan untuk simpanan dalam valuta asing tetap berada pada angka 0,75 persen. Tingkat bunga penjaminan ini berlaku mulai 15 September 2017 sampai 14 Januari 2018. Ketua Dewan Komisioner LPS Halim Alamsyah menjelaskan bahwa perubahan itu berjalan seiring dengan langkah Bank Indonesia (BI) memangkas bunga acuan BI 7 Days Repo Rate sebesar 0,25 persen menjadi 4,5 persen pada Agustus 2017.

“Penurunan BI 7 Days Repo Rate untuk mendukung pertumbuhan yang berkelanjutan menjadi pertimbangan LPS dalam menurunkan tingkat bunga penjaminan,” kata Halim.

Selain itu, penurunan tingkat bunga penjaminan rupiah disebabkan juga lantaran suku bunga simpanan bank menunjukkan penurunan. Kepala Eksekutif LPS, Fauzi Ichsan menuturkan bahwa rata-rata suku bunga simpanan di 62 bank yang menjadi acuan LPS mengalami penurunan sebesar 0,22 persen sejak awal tahun 2017.

Fauzi pun menambahkan, kondisi likuiditas juga jadi pertimbangan LPS menurunkan tingkat bunga penjaminan. Berdasarkan hasil evaluasi terhadap kondisi likuiditas saat ini dan prospeknya, likuiditas masih berada dalam posisi yang baik.  “Suku bunga dunia pun diperkirakan masih akan rendah sampai dengan akhir tahun 2017,” ujar Fauzi.

LPS pun meminta pihak perbankan untuk mengomunikasikan kepada nasabah terkait informasi perubahan tingkat bunga penjaminan. Selain itu, bank juga didorong untuk memerhatikan tingkat bunga penjaminan dalam tujuan menghimpun dana nasabah.

Loading...