Selundupkan 12 Juta Rokok, Polisi Jerman Tahan Pria Rusia

Penyelundupan Rokok Pria Rusia - time.comPenyelundupan Rokok Pria Rusia - time.com

BERLIN – Pihak kepolisian di Kota Kiel, bagian utara, pada Rabu (31/10) waktu setempat mengatakan bahwa mereka baru saja menahan seorang pria berkebangsaan Rusia berusia 43 tahun karena diduga menyelundupkan jutaan ke pasar gelap tersebut. Tidak tanggung-tanggung, pria itu dikatakan telah menyelundupkan 12 juta batang ke selama dua tahun sebelum akhirnya tertangkap.

Seperti dilansir DW, sopir truk tersebut diyakini menjadi bagian dari geng yang menyelundupkan lebih dari 12 juta rokok murah asal Rusia ke Jerman antara tahun 2009 hingga 2011. Polisi yakin bahwa ia menghindari hingga 1,67 juta euro (1,9 juta dolar AS). Kiel sendiri, yang terletak di Laut Baltic, adalah rumah bagi angkatan laut Jerman serta pusat pembuatan kapal utama dan pusat laut utama di Eropa. “Para petugas menangkap ‘ besar’ di jaring mereka,” kata polisi.

Penyelundupan rokok adalah salah satu kasus kriminal utama di Uni Eropa. Pada 2015 lalu, pihak berwenang telah membongkar jaringan penyelundupan yang membentang dari Italia ke Jerman bagian utara. yang terkait dengan aksi kriminal ini terdiri dari sekitar 50 dan mengakibatkan kerugian pajak sedikitnya 60 juta euro. Dalam kasus itu, enam orang didakwa, berasal dari Jerman, Ukraina, Kazakhstan, dan Rusia.

Pasar gelap rokok sendiri, dan siapa yang ada di belakangnya, telah menghantui pemerintah, advokat kesehatan masyarakat, peneliti, dan industri tembakau selama bertahun-tahun. Perusahaan tembakau telah menghabiskan jutaan dolar AS untuk penelitian guna menemukan jawaban, dan kebanyakan studi ini merupakan pesanan yang menggiring pada kesimpulan bahwa perdagangan tembakau ilegal sedang meningkat.

Dari 31 penilaian, dikutip dari The Conversation, penelitian yang dibiayai oleh perusahaan rokok memperkirakan pasar gelap rokok lebih tinggi dari perkiraan para peninjau, mulai dari 17 persen lebih tinggi hingga lebih dari 100 persen. Meski demikian, temuan baru mengenai data industri adalah bukti lebih lanjut bahwa industri tembakau tidak bermain jujur dan baik dalam masalah tembakau ilegal.

Loading...