Selasa Sore, Rupiah Merah Seiring Naiknya Pamor Dolar

Rupiah - pojokpulsa.co.idRupiah - pojokpulsa.co.id

JAKARTA – tidak mampu bangkit ke zona hijau pada perdagangan Selasa (21/5) sore, karena indeks AS terus bergerak lebih tinggi didorong kenaikan imbal hasil Treasury dan meningkatnya popularitas aset safe haven. Menurut Index pada pukul 15.59 WIB, Garuda melemah 25 poin atau 0,17% ke level Rp14.480 per AS.

 

Sementara itu, Bank Indonesia siang tadi menetapkan kurs tengah berada di posisi Rp14.462 per dolar AS, menguat 16 poin atau 0,11% dari perdagangan sebelumnya di level Rp14.478 per dolar AS. Di saat yang bersamaan, mata uang Asia variatif terhadap , dengan kenaikan tertinggi sebesar 0,28% dialami peso Filipina dan pelemahan terdalam sebesar 0,21% menghampiri ringgit Malaysia.

 

Dari , indeks dolar AS bertahan di dekat posisi tertinggi 2,5 minggu pada hari Selasa, didukung kenaikan imbal hasil Treasury AS serta meningkatnya popularitas aset safe haven seiring gesekan perdagangan antara AS dan China. Mata uang Paman Sam terpantau menguat 0,097 poin atau 0,10% ke level 98,030 pada pukul 12.33 WIB, setelah terbang di 98,036 semalam, tertinggi sejak 3 Mei.

 

“Dolar AS telah memantapkan dirinya sebagai safe haven dan itu menarik permintaan di saat-saat seperti ini, dengan ekuitas jatuh dan volatilitas pasar meningkat,” papar manajer umum di Gaitame.Com Research Institute, Takuya Kanda, dilansir Reuters. “Rebound imbal hasil Treasury adalah faktor lain yang mendukung greenback. Penurunan imbal hasil 10-tahun baru-baru ini tampaknya berlebihan, dan dengan Jerome Powell tidak memberikan petunjuk tentang penurunan suku bunga, rebound dapat berlanjut untuk sementara waktu.”

 

Di belahan dunia yang lain, laju euro cenderung datar di level 1,1166 per dolar AS, setelah tergelincir ke posisi 1,1150 pada hari sebelumnya, terendah sejak 3 Mei. Mata uang tunggal diperkirakan akan tetap pada goyah jelang pemilihan parlemen Eropa 23-26 Mei. Sebaliknya, dolar Australia naik 0,17% lebih tinggi karena kemenangan mengejutkan dalam pemilihan itu. Kemenangan itu terlihat menyuntikkan kepastian yang lebih besar ke pasar .

Loading...