Selalu Ramai Kendaraan Saat Mudik, Ini Tarif Tol Waru-Kertosono

Gerbang Tol Waru UtamaSuasana di Gerbang Tol Waru Utama - suarasurabaya.net

Sudah bukan hal asing lagi jika saat arus dan balik seperti saat ini pengguna akan meningkat drastis dibandingkan hari-hari biasa. Bahkan pihak juga sudah memprediksi sejumlah titik yang rawan berpotensi terjadinya kemacetan saat arus mudik dan balik Lebaran 2019 dan mempersiapkan berbagai antisipasi untuk mengatasi hal tersebut.

Di ruas -Gempol misalnya, kepadatan diprediksi terjadi di (GT) Sidoarjo 2 dan GT Kejapanan. “Apabila terjadi antrean panjang di GT Sidoarjo 2, maka arus lalu lintas dialihkan melalui GT Sidoarjo 1 bagi yang menuju arah Porong,” ujar Pgs. General Manager (GM) Jasa Marga Cabang Surabaya-Gempol Bagus Cahya AB, seperti dilansir Republika.

Guna mengantisipasi kepadatan di GT Kejapanan Utama, Jasa Marga pun akan berkoordinasi dengan kepolisian untuk melakukan pengaturan lalu lintas agar dapat membagi beban transaksi entrance dan exit melalui sistem buka/tutup. Selain itu, akan difungsikan pula mobile reader untuk meningkatkan kapasitas transaksi.

“Secara umum, kita juga akan menambah gardu operasi di GT Kejapanan, GT Waru Utama, dan GT Sidoarjo 2. Kita juga akan memanfaatkan 28 unit mobile reader, melayani top up tunai di tiga titik GT, dan menyediakan gerak bekerja sama dengan bank terkait di rest area,” jelas Bagus.

Selain itu, ruas Tol Ngawi-Kertosono-Kediri juga diperkirakan terjadi kepadatan lalu lintas di sejumlah titik, yakni di GT Madiun, GT Nganjuk, rest area 626 A, 626 B, 597 A, 597 B, dan 640 A/B fungsional. “Bila terjadi antrean panjang di gerbang tol, maka kami mengubah gardu entrance menjadi gardu exit, serta mengoperasikan mobile reader,” sambung Direktur Utama PT Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri (JNK) Iwan Moedyarno.

Tol Surabaya-Mojokerto sendiri banyak digunakan oleh masyarakat yang hendak mudik atau melakukan perjalanan ke Mojokerto-Kertosono yang tersambung ke sejumlah daerah di sekitarnya seperti Kediri, Pare, Kertosono, dan juga Baron. Adapun untuk melakukan perjalanan dari Surabaya ke Kertosono, pengendara bisa masuk dari Tol Waru. Apabila ditotal, tol Waru-Kertosono sekitar Rp 82 ribu, dengan rincian biaya ruas Tol Surabaya-Mojokerto Rp 36 ribu dan ruas Tol Mojokerto-Kertosono Rp 46 ribu.

Loading...