Selain Tapioka, Tepung Aren Juga Dapat Digunakan untuk Membuat Bakso

Tepung Aren - m.viva.co.idTepung Aren - m.viva.co.id

Bakso menjadi salah satu hidangan yang cukup disukai oleh berbagai kalangan di . Bakso bisa dibuat dengan berbagai jenis tepung. Namun umumnya para pembuat bakso hanya memakai tepung tapioka atau tepung sagu. Ada pula yang menggunakan campung tepung tapioka dan tepung sagu. Masih jarang orang mengetahui bahwa tepung aren juga bisa digunakan untuk membuat bakso.

Pada dasarnya, tepung yang memiliki daya serap tinggi terhadap dianggap sebagai tepung yang paling ideal untuk membuat bakso. Sebaliknya, tepung yang daya serapnya rendah justru membuat adonan bakso kurang sempurna dan teksturnya cenderung lembek.

“Sebenarnya untuk membuat tekstur bakso yang kenyal, tahap awalnya harus benar memilih tepung yang akan digunakan, tahap selanjutnya adalah diperkuat dengan penambahan pengenyal bakso yang baik dan tentunya pengenyal bakso tersebut food grade,” kata A. Gunawan Sutanto, orang yang mengaku telah lama berkecimpung di dunia bakso.

Tepung aren sendiri memiliki karakter yang padat dan cenderung agak patah saat diolah menjadi adonan bakso. Oleh sebab itu jika ingin menggunakan tepung aren untuk bakso, setidaknya perlu penambahan tepung tapioka dengan perbandingan yang tepat.

“Penambahan minyak pada adonan menurut saya kurang tepat, justru akan membuat bakso tidak kenyal. Untuk campuran gunakan tepung aren dan tapioka 1:2, untuk pengenyal tambahkan sodium tripoly phosphate maksimal 0,1% dari berat adonan,” ujar netizen lainnya yang pernah membuat bakso dengan tepung aren.

Untuk diketahui, bahan baku tepung aren berasal dari batang aren (Arenga pinnata) yang ditebang setelah mencapai usia sekitar 15 tahun. Kemudian batang aren dibawa ke pabrik dalam kondisi sudah terpotong-potong sekitar 1 meter. Setelah dihilangkan bagian kulitnya yang keras, bagian dalamnya akan digiling dalam pemarut.

Kemudian usai serabutnya dipisahkan, serbuk batang aren diayak sembari disiram air terus menerus hingga terkumpul endapan tepung atau pati aren. Pati aren tersebut dimurnikan dan menjalani serangkaian proses pengendapan hingga pengeringan untuk mendapatkan tepung aren yang siap dipasarkan.

Di tepung aren cukup variatif, mulai dari harga Rp 3 ribuan untuk kemasan isi 250 gram (1/4 kg) hingga Rp 10 ribuan untuk kemasan isi 1.000 gram (1 kg). Ada pula yang menjual kemasan kecil-kecil berisi 3 gram. Biasanya kemasan kecil ini satu plastik berisi 40 bungkus dengan harga Rp 65 ribuan.

Loading...