Selain Pantai, Ada Banyak Tempat Wisata Menarik di Malang Selatan

Wisata, kota, Malang, kabupaten, selatan, selain, pantai, air, terjun, sumber, pitu, sirah, religi, Masjid Tuban, Turen, Gondanglegi, pengunjung, wisatawan, budaya, corak, bentuk, arsitektur, keindahan, Balekambang, Nganteb, Ngudel, warga, masyarakat, kuliner, gunung, taman, siraGaris pantai di sepanjang Jalur Lintas Selatan di Malang Selatan (instagram: @pantaimalang)

Selain terkenal sebagai kota pendidikan, orang juga menjuluki sebagai Kota Bunga dan Kota Wisata. Berbagai objek wisata terdapat di sini. Mulai dari gunung dan , taman bermain, ataupun taman bunga buatan, hingga wisata dengan beragam pilihan menu, baik seharga kaki lima maupun bintang lima. Maka tak heran jika banyak yang berkunjung ke kota ini, terutama pada musim . Bahkan tak cuma para pendatang, tetapi juga para warga lokal Malang sendiri. 

Telah sejak lama Kota Malang cukup populer karena memiliki sejumlah pantai eksotis. Inilah yang memikat hati para wisatawan. Keindahan itu bisa ditemukan di bagian selatan, tepatnya di Malang bagian selatan. Tentu saja, telah banyak objek wisata pantai yang namanya tersebar ke seantero Jawa Timur, misalnya Pantai Balekambang, Pantai Kondang Merak, Pantai Ngliyep, Pantai Sendang Biru, dan lain sebagainya. Saat ini pun, setelah pemerintah menggencarkan pembangunan di bidang , pantai-pantai baru telah ditemukan dan dibuka sebagai tempat wisata. Sebut saja Pantai Nganteb, Pantai Parang Dowo, Pantai Sipelot, Pantai Ngudel, dan masih banyak lagi. Dan kesemuanya berada di wilayah Malang Selatan.

Namun bukan hanya itu, Kota Malang tak hanya terkenal dengan pantainya. Selain punya banyak pantai, Malang Selatan juga menyimpan keindahan wisata yang lain. Salah satunya Pemandian Sumber Sirah yang terletak di Desa Sumber Jaya, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang.

Kolam pemandian Sumber Sira (instagram: @malanginaja)

Sumber Sira merupakan wisata sumber air tawar yang sangat jernih, di mana pengunjung bisa berenang sambil snorkeling. Keistimewaan yang membuat mata air ini hits di kalangan masyarakat Malang adalah pemandangan menakjubkan dari keindahan ganggang hijau di dasarnya.

“Ingin datang ke Sumber Sirah? Jangan lupa siapkan pakaian renang, snorkel, serta kamera tahan air. Bisa dipastikan pengunjung akan ketagihan bermain air di sini,” ucap salah seorang pemandu wisata.

Masjid Tiban di Turen, Kabupaten Malang (sumber: sportourism.id)

Jika Anda sudah puas menikmati keindahan alam di Malang Selatan, ada satu tempat rekreasi murah di Turen yang bagus untuk dikunjungi, yakni Masjid Tiban Turen. Masjid ini berada di Ponpes Salafiah Bihaaru Bahri Asali Fadlaailir Rahmah yang terletak di Kecamatan Turen, Kabupaten Malang.

Yang menjadi keunikan dan keistimewaan Masjid Tuban adalah corak dan bentuk arsitektur seperti perpaduan budaya antara Timur Tengah, China, dan budaya modern. Di sini, juga ada kolam renang dilengkapi dengan perahu yang khusus untuk dinaiki anak-anak. Di dalam kompleks ponpes, juga terdapat berbagai jenis binatang, seperti kijang, monyet, kelinci, aneka jenis ayam, dan burung.

Loading...