Selain Mudah, Biaya Vaksin Difteri Orang Dewasa Murah Hanya Rp100 Ribuan

Biaya, vaksin, difteri, anak-anak, dewasa, menular, klinik, rumah sakit, murah, tetanus, satelit, UI, mudah, wabah, mandiri, puskesmas,Pemberian vaksin difteri untuk dewasa

Belakangan ini, menjadi wabah yang diperhatikan secara fokus oleh Kementerian . Penularannya yang cepat dan dampaknya yang mematikan membuat sangat rentan terjadi pada anak-anak. Namun, tak hanya anak-anak, nyatanya wabah yang satu ini juga bisa menjangkit orang dewasa.

Walaupun kasus difteri lebih banyak menimpa anak-anak, bukan berarti orang dewasa tidak rentan terhadap bakteri difteri ini. Orang dewasa pun kemungkinan bisa tertular dan terkena difteri. Oleh karena itu, orang dewasa juga bisa ikut imunisasi difteri.

“Orang dewasa bisa terkena difteri juga, meski kasus banyak melanda anak-anak. Untuk imunisasi difteri dewasa bisa diterapkan seperti di -negara lain di dunia. Tiap 10 tahun sekali diulang,” papar Samsjulridjal Djauzi dari Perhimpunan Ahli Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI), diansir dari Liputan6.com.

Ia menambahkan, orang dewasa yang imunisasi difteri lebih diutamakan orang dewasa yang sering kontak, bertemu, atau berkomunikasi dengan anak-anak. Misalnya, dan petugas kesehatan di anak dan THT (telinga, hidung, tenggorokan) yang sering menangani pasien anak-anak. “Kemungkinan orang dewasa terkena difteri tetap perlu diketahui. Tapi jangan dibuat panik. Jadi, imunisasi difteri khususnya buat orang dewasa sering kontak dengan anak-anak,” imbuhnya.

Untuk mengatasi dan mencegah terjangkitnya difteri kepada orang dewasa, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meminta agar orang dewasa diberikan vaksin. Anies mengatakan kalau penderita difteri telah meningkat cukup tinggi sejak 2014 lalu. Ia menyebut angka kasus terparah dicapai pada 2017 lalu, pun mengumumkan bahwa Indonesia tengah mengalami KLB Difteri.

“Angka ini memang meningkat signifikan, tahun 2014 ada 4 kasus, 2015 (ada) 10 kasus, 2016 17 kasus, dan 2017 melonjak (menjadi) 109 kasus, jadi lompatannya cukup tinggi,” pungkasnya kepada Tribunnews.

Lantas, berapakah untuk mendapatkan vaksin difteri bagi orang dewasa? Memang, vaksin ini tidak gratis. Namun, mengingat difteri sangat mudah menular dan bisa saja mematikan, ada baiknya untuk melakukan vaksin difteri. yang dipatok untuk mendapatkan sekali suntikan vaksin difteri ini adalah Rp 100 ribu. ini relatif terjangkau jika dibandingkan dengan besarnya dampak yang bisa ditimbulkan oleh penyakit ini.

Vaksin tetanus difteri (Td) bagi orang dewasa bisa dengan mudah didapatkan di mandiri, puskesmas, dan rumah sakit. Dengan mendapatkan vaksin ini, maka orang dewasa pun tidak akan mudah terpapar bakteri Corynebacterium diphtheriae lewat percikan air liur orang yang sudah terpapar difteri.

Salah satu klinik mandiri yang menyediakan vaksin difteri bagi orang dewasa, yakni Klinik Satelit UI, mengaku bahwa antusiasme masyarakat untuk mendapatkan vaksin ini sangatlah tinggi. Beruntung tarif yang dipatok oleh klinik ini untuk sekali suntikan vaksin difteri justru lebih murah, yakni Rp55 ribu sehingga masyarakat pun tidak keberatan untuk mendapatkannya.

Loading...