Sejak HET Berlaku, Berapa Harga Gulaku di Alfamart?

Harga Gulaku di Alfamart

Gulaku merupakan salah satu gula yang bisa dikatakan . Sayangnya, yang dipatok perusahaan untuk gula ini masih tergolong mahal. Namun, sejak memberlakukan patokan HET ( eceran tertinggi), Gulaku pun perlahan turun. Di minimarket seperti Alfamart misalnya, Gulaku kemasan 1 kg yang awalnya Rp16 ribuan, kini turun menjadi Rp12.500 per kilogram.

Sebelumnya, telah menetapkan HET untuk tiga komoditas, yaitu gula pasir dengan HET Rp12.500 per kg, minyak goreng Rp11.000 per liter, dan daging beku Rp80.000 per kg. Pemberlakuan HET untuk ketiga komoditas tersebut berlaku mulai 10 April sampai 10 September 2017, yang dilakukan sebagai upaya untuk menstabilkan harga pangan.

“Hingga saat ini, kami baru menerapkan penjualan komoditas gula pasir (untuk HET),” papar Regional Corporate Communication Manager PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart Alfamidi), Firly Firlandi. “Pasalnya, kami hanya menyediakan minyak goreng kemasan 2 liter, sedangkan HET tertulis 1 liter. Untuk gula pasir, sementara juga baru kemasan 1 kg, dan belum untuk kemasan 750 gram.”

Untuk gula pasir, Alfamart menjual dua merek, yaitu brand Alfamart dan Gulaku. Gula merek Alfamart jenis lokal putih sebelumnya dengan harga Rp16.000 per kilogram dan Rp14.200 per kilogram untuk jenis premium. Sementara, merek Gulaku awalnya ditawarkan di kisaran Rp16.000 per kilogram sebelum ada aturan HET.

“Pada dasarnya, kami mendukung program pemerintah karena tujuannya untuk menstabilkan harga, dan aturan HET tersebut sudah disosialisasikan ke supplier, dan kami mengikuti harga dari supplier saja,” sambung Firly. “Dengan keterlibatan Alfamart dalam progam ini, diharapkan perusahaan dapat turut andil dalam meneka laju dalam negeri.”

Sebelumnya, Kementerian Perdagangan sempat melayangkan surat teguran kepada PT Sugar Group Companies, selaku Gulaku, karena menjual harga di jauh di atas harga eceran tertinggi. Pasalnya, pemerintah masih menemukan harga gula merek Gulaku yang ditawarkan dengan harga Rp14.270 sampai Rp14.500 dari distributor.

Loading...