Segar dan Kaya Manfaat, Berapa Harga Kolang-Kaling per Kilo

Kolang kaling (sumber: kedirikab.go.id)Kolang kaling (sumber: kedirikab.go.id)

/BANDUNG – Apabila Anda membutuhkan sesuatu yang segar-segar saat cuaca panas, kenapa tidak mencoba es atau manisan kolang-kaling? yang kerap ditemui saat memasuki Ramadan dan Lebaran ini memang kaya akan air, dan juga punya banyak manfaat untuk . Di sendiri, kolang-kaling sekarang dapat Anda dapatkan dengan mulai Rp10 ribuan per kilo.

Dilansir dari Kontan, buah muda dari pohon aren ini kerap diolah menjadi manisan dengan cara direbus dengan tambahan gula dan sedikit penguat rasa atau arma. Di beberapa daerah di Indonesia, manisan kolang-kaling bahkan kerap dijadikan sebagai camilan saat hari raya Idul Fitri, termasuk menjadi bahan tambahan untuk membuat kue.

Tidak hanya menyegarkan dan enak disantap, buah ini juga diklaim memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan tubuh. Ahli , Hindah Muaris, dalam bukunya yang berjudul ‘Kolang-Kaling & Siwalan: Pangan Sehat Tinggi Kalsium’ menuturkan bahwa selain lezat dimakan, kolang-kaling dan siwalan juga memiliki kandungan yang istimewa sehingga tergolong bahan makanan yang berkhasiat untuk meningkatkan dan menjaga kesehatan tubuh.

Seperti disinggung di atas, kolang-kaling memang lebih sering ditemukan ketika momen puasa dan Lebaran. Bahkan, memasuki Ramadan, harga kolang-kaling biasanya naik. Di kawasan Gedebage Bandung misalnya, pada Ramadan 2021 kemarin, harga kolang-kaling yang semula Rp12 ribu per kg, naik menjadi Rp15 ribu per kg. Sementara, di Purwakarta, harganya berkisar Rp13 ribu hingga Rp15 ribu per kg.

“Meski pandemi, penjualan kolang-kaling masih relatif normal. Sementara, menjelang Ramadan, ada lonjakan pesanan,” tutur supplier kolang-kaling di Pasar Gedebage, Taufik Mursholi, dilansir dari Ayobandung. “Saya jualannya bukan cuma di Ramadan, di hari-hari biasa juga ada. Di hari biasa, saya jual ke pengecer Rp8.000 hingga Rp9.000 per kg.”

Apabila Anda juga ingin menyantap kesegaran kolang-kaling, selain di pasar tradisional, Anda pun bisa membeli buah ini di berbagai supermarket dan situs jual beli online. Di salah satu platform jual beli online, kolang-kaling muda dan masih segar saat ini ditawarkan dengan harga mulai Rp19 ribu hingga Rp30 ribuan per kilo. Sementara, harga di platform lain mulai Rp10 ribu hingga Rp25 ribuan per kg, belum termasuk ongkos kirim.

Loading...