Sediakan Training Sertifikasi, Biaya CISA Review Course Pusilkom UI Mulai Rp8 Jutaan

Biaya, training, CISA, ICASA, materi, Pusilkom, UI, ujian, Indonesia, course, program, pelatihan, Certified, Information, System, Auditor, sertifikasi, pendaftaran, 2018, audit, IT, teknologi, manfaat,Keahlian auditor sistem informasi

Sejak tahun 1978 Information Systems Audit and Control Association (ISACA) mengeluarkan program sertifikasi audit yang dikenal dengan nama Certified Information System (CISA).

CISA adalah sertifikasi yang diakui secara internasional di Audit Information dan dalam bidang Pengawasan dan Keamanan untuk meningkatkan keahlian dalam bidang audit sistem informasi. Saat ini gelar CISA yang dimiliki oleh seorang adalah pengakuan atas prestasi dan jaminan untuk prasyarat penilaian kompetensi yang dimiliki dalam bidang audit sistem informasi dan teknologi informasi.

Sesuai dengan namanya, biasanya pemegang sertifikat ini adalah para auditor. Tugas auditor adalah melakukan assessment, bisa dengan cara melihat SOP, aspek keamanan, aspek kode dan sebagainya, terhadap sistem yang berbasis teknologi informasi. Untuk tersertifikasi CISA, harus bisa lulus 2 tahap. Pertama adalah ujian tulis, sedangkan yang kedua adalah telah memiliki pengalaman atau yang setara dengan durasi waktu minimal 5 tahun.

Adapun beberapa tahapan kegiatan yang biasa dilakukan untuk tersertifikasi CISA, antara lain mengunjungi website resmi ISACA, sebagai organisasi yang mengeluarkan sertifikasi CISA. Di sini Anda bisa melihat jadwal sertifikasi. Kemudian mendaftar sebagai member ISACA, dengan menjadi member Anda akan mendapat fasilitas seperti ujian yang lebih murah dan menghadiri kegiatan-kegiatan local chapter (misalkan workshop atau seminar) gratis. Dan mendaftar ujian sertifikasi.

“Saya merasa kunci sukses saya bisa lulus adalah latihan soal. Saya tidak mengikuti training sertifikasi, selain karena alasan waktu juga yang cukup mahal. Bahan ujian CISA mirip SPMB/SNMPTN, ada pola yang mirip. Materinya berkutat keseimbangan proses audit dan tentang teknologi informasi,” ujar Wisnu Manupraba, Founder JAVAN & SyarQ.com.

Di Indonesia sendiri telah banyak lembaga yang menawarkan program training CISA, salah satunya adalah Pusilkom UI. Pusat Ilmu Komputer (Pusilkom) UI membuka kembali pendaftaran Program CISA Review Course Tahun 2018. CISA Review Course bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada peserta tentang Audit Sistem Informasi dan persiapan untuk mengikuti Ujian CISA .

Pusilkom UI sebagai penyelenggara profesi di bidang Teknologi Informasi telah membuka program CISA Review Course sejak tahun 2001. Pusilkom UI memperoleh predikat sebagai Best Training Centre Penyelenggara Program CISA Review Course Terbaik yang dipilih pada tahun 2016, tahun ini kembali bekerjasama dengan ISACA Chapter Indonesia menyelenggarakan secara rutin CISA Review Course.

Manfaat yang didapat oleh peserta program ini adalah membantu persiapan untuk mengikuti ujian dan memperbesar peluang lulus tes ujian CISA, dengan mengikuti program ini peserta akan dapat mempelajari audit sistem informasi secara sistematis di bawah bimbingan para pengajar yang berasal dari kalangan profesional yang telah memenuhi CISA.

Juga menambah pengetahuan dan keterampilan audit sistem informasi, walau tidak mengikuti ujiannya atau tidak lulus dalam ujiannya, pengetahuan dan keterampilan audit sistem informasi yang didapat bisa diaplikasikan di pekerjaan mereka masing-masing.

Tahun ini, Pusilkom UI membuka pendaftaran CISA Review Course setiap term, mulai 24 Februari 2018 hingga 6 Oktober 2018. Untuk mengikuti pelatihan atau training CISA di Pusilkom UI, peserta dikenai biaya sebesar USD 575 (Rp8 jutaan) untuk member ISACA dan USD 760 (Rp10,6 jutaan) untuk non-member. Adapun materi yang diajarkan pada pelatihan ini meliputi The Process of Auditing Systems, Governance and Management of IT, Information Systems Acquisition, Development and Implementation, Information Systems Operations, Maintenance and Service Management, dan Protection of Information Assets.

Loading...