Sediakan Jenjang SMP dan SMA, Ini Biaya Pesantren Ar Rahman di Sukabumi

Kegiatan Tahfidz Al Qur'an - ar-rahman.sch.id

Ar Rahman merupakan salah satu lembaga berbasis Islam yang berlokasi di , yang menyelenggarakan untuk jenjang SMP dan . Menerima 120 siswa untuk jenjang SMP dan 72 siswa untuk jenjang di tahun 2018/2019, di pondok pesantren tersebut berkisar total Rp20 jutaan hingga Rp22 jutaan.

Seperti dikutip dari situs resminya, Pondok Pesantren Ar Rahman menerima siswa atau santri baru melalui dua seleksi, yaitu prestasi dan non-akademik serta melalui . Sebanyak 20 persen siswa diterima dari jalur prestasi dan non-akademik, sedangkan 80 persen lainnya bakal ditampung melalui jalur .

Peserta jalur prestasi nantinya akan diseleksi berdasarkan hasil psikotes, seleksi nilai rapor, dan juga dokumentasi prestasi (medali, sertifikat, dan piagam penghargaan). Sementara, peserta jalur tes harus mengikuti dan lulus tes tertulis pelajaran matematika, bahasa Inggris, IPA terpadu, IPS terpadu (khusus pendaftar SMA), pengetahuan agama Islam, serta psikotes.

“Persyaratan umum adalah usia maksimum 15 tahun pada bulan Juni 2018, telah tamat dan lulus MI/SDI/Program Paket A, serta memiliki ijazah dan SKHUN untuk pendaftar SMP,” tulis Ar Rahman. “Sementara, untuk pendaftar SMA, harus berusia maksimal 19 tahun pada bulan Juni 2018, telah tamat dan lulus MTs/SMP/Program Paket B, dan memiliki ijazah dan SKHUN, serta bersedia tinggal di asrama.”

Biaya pendidikan di pondok pesantren ini terdiri dari delapan komponen, yaitu Dana Pengembangan Pendidikan, SPP per bulan, biaya seragam, biaya buku paket pelajaran, dana kegiatan peserta didik, iuran (komite sekolah, OSIS, Idul Kurban, kegiatan lomba), field trip, dan sumbangan sukarela. Biaya total yang harus dibayarkan ketika pertama masuk untuk jenjang SMP adalah Rp20.700.000 (putra) sampai Rp20.900.000 (putri), sedangkan biaya untuk SMA sebesar Rp22.000.000 (putra) hingga Rp22.200.000 (putri).

Loading...