Sediakan Beasiswa untuk Keluarga Tak Mampu, Ini Rincian Biaya Kuliah Kedokteran UMY

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta - jogja.tribunnews.comUniversitas Muhammadiyah Yogyakarta - jogja.tribunnews.com

Muhammadiyah merupakan salah satu perguruan tinggi (PTS) ternama di . yang telah berdiri sejak tahun 1981 ini menawarkan beragam termasuk . Program Dokter di UMY telah mengantongi akreditasi B, sedangkan program Pendidikan Dokter Gigi akreditasinya A.

Kedokteran dan Ilmu di UMY menawarkan beberapa program studi atau jurusan, yakni S1 Pendidikan Dokter, S1 Pendidikan Dokter Gigi, S1 Ilmu Keperawatan, dan S1 Farmasi. Biaya yang diterapkan untuk masing-masing prodi cukup bervariasi.

Pada tahun akademik 2018/2019, mahasiswa baru jenjang S1 Pendidikan Dokter dikenai biaya registrasi semester 1 sejumlah Rp 69.118.000. Biaya tersebut meliputi registrasi & UKK, mataf, OSDI, jaket, SPP tetap (pra-registrasi), SPP variabel, serta biaya lain-lain. Kemudian untuk S1 Pendidikan Dokter Gigi biaya kuliahnya Rp 57.062.000, S1 Ilmu Keperawatan Rp 14.900.000, dan S1 Farmasi Rp 17.645.700.

Khusus Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, UMY menerima pendaftaran mahasiswa baru melalui jalur Prestasi Khusus mulai tanggal 27 November 2017 – 25 Juni 2018 dan jalur Tes (PBT dan CBT) mulai 5 Februari – 16 Agustus 2018. Demi mengurangi kesan biaya kuliah kedokteran yang mahal, UMY pun menyediakan beasiswa penuh pada mahasiswa yang berasal dari keluarga tidak mampu secara ekonomi.

Program kuliah kedokteran gratis di UMY ini kabarnya telah dirintis sejak tahun 2010. “Program kuliah kedokteran atau pendidikan kedokteran gratis diberikan kepada santri dari panti asuhan dan pesantren Muhammadiyah dan Aisyiah,” kata Direktur Eksekutif Program Hibah Kompetisi Peningkatan Kualitas Pendidikan Dokter UMY, dr Dirwan Suryo Soularto SpF MS, seperti dilansir Pikiran Rakyat.

Beasiswa yang diterima oleh mahasiswa tidak mampu secara ekonomi namun cerdas tersebut mencakup SPP dan DPP (Dana Pengembangan Pendidikan) yang ditanggung universitas, biaya hidup per bulan, uang buku per semester, hingga biaya penelitian. Selain beasiswa tersebut, UMY juga menyediakan program beasiswa lainnya seperti Jalur Prestasi, Kader Unggulan Muhammadiyah (KAUM), Hafizh Muhammadiyah UMY, Prestasi Unggulan UMY, hingga Beasiswa Bidikmisi.

Loading...