Sedang Direncanakan, Bank Yang Termasuk Dalam BUMN Akan Bebas Biaya Transfer Antar Bank

bank, yang, bebas, biaya, transfer, antar, bank, aplikasi, BUMN, swasta, Permata, online, transaksi, berbeda, sesama, Rp 4.000, Rp 6.500, layanan, tanpa, gratis, mesin, ATM, Link, Himbara, Merah Putih, Mandiri, BTN, jaringanTransfer antar bank

Melakukan transaksi transfer, bisa dilakukan sesama bank, ataupun antar bank (berbeda bank). Ketika melakukan transaksi transfer sesama bank, biasanya individu () tidak dikenai . Berbeda jika mereka melakukan transfer antar bank (bank yang berbeda), maka akan dikenai transfer. Besaran biayanya biasanya berkisar antara Rp 4.000 hingga Rp 6.500 untuk satu kali transaksi.

Tetapi, ada pula bank yang memberlakukan bebas tarif (gratis) ketika Anda melakukan transfer antar bank. Seperti, bank swasta, yaitu (Permata Bank). Bank tersebut membebaskan biaya transfer ketika transaksi tersebut dilakukan secara online. Bebas biaya transfer online itu asalkan bank yang asal dan tujuan tergabung dalam jaringan ALTO, ATM Bersama, PRIMA melalui Permata ATM, Permata Mobile, PermataNet dan PermataTel IVR untuk saldo sebelum transaksi kurang atau sama dengan Rp 5 juta.

Sementara itu, untuk bank yang termasuk dalam kategori bank (Badan Usaha Milik Negara), beberapa waktu lalu, Kementerian berencana untuk menggratiskan (bebas) biaya transfer antar bank yang menggunakan jaringan Link. Namun, pihak bank menyatakan bahwa penghapusan tidak dilakukan sekaligus. Penerapannya dilakukan secara bertahap.

Untuk saat ini, rata-rata tarif pengiriman uang antar bank BUMN, misalnya ke BTN melalui jaringan Link, dipatok biaya sebesar Rp 4.000. Namun, untuk pengiriman sesama bank sudah dibebaskan biayanya (gratis).

Direktur Banking and Technology Bank Mandiri, Rico Ushtavia Frans mengatakan bahwa sebagai BUMN, Mandiri memiliki kewajiban untuk membantu dalam memakmurkan negeri.

Menurutnya, ATM Link atau ATM Merah Putih merupakan salah satu inisiatif untuk menyatukan infrastruktur ATM sehingga bisa lebih efisien. “Hasil efisiensi inilah yang kami berikan kepada nasabah dalam bentuk harga yang lebih murah atau bahkan bisa gratis,” ujar Rico.

Ia mengatakan bahwa saat ini pihak Himbara masih melakukan kajian secara bertahap. Menurutnya, idealnya waktu untuk menggratiskan biaya transfer tersebut adalah jika penghematan biaya dari patungan infrastruktur sudah didapatkan.

Direktur Konsumer BTN, Handayani mengatakan bahwa dari pengkajian ATM Himbara atau Link memang ada pembahasan untuk pengurangan hingga penghapusan tarif transfer antar bank Himbara.

Masih dalam kajian dan pembicaraan di Himbara, Sekarang kan biayanya masih Rp 4.000, yang pasti akan pengurangan akan dilakukan secara bertahap,” ujar Handayani.

Sementara itu, sembari menunggu keputusan mengenai gratisnya biaya transfer antar bank, Anda mungkin bisa mencoba beberapa aplikasi yang diklaim bebas biaya transfer. Salah satu aplikasinya yaitu IPOTPAY.

Sebelumnya, terdapat beberapa aplikasi transfer, di antaranya ShivApp, Payfazz, Bebasbayar, Flip. Layanan transfer antar bank selain IPOTPAY memang bebas biaya, tapi hanya untuk nominal tertentu. Dengan kata lain, layanan transfer antar bank tanpa biaya itu terbatas. Kenyataan tersebut berbeda dengan layanan transfer IPOTPAY yang benar-benar gratis dan tanpa limit. yang digunakan dalam aplikasi IPOTPAY dinilai sama persis dengan yang dipakai bank-bank di ATM.

Loading...