SEC Tinjau Ulang 9 ETF, Harga Bitcoin Bergerak Stabil di Kisaran $ 6.600-6.700

Harga bitcoin hari ini, Minggu (26/8), terpantau turun 1,35% ke posisi USD 6.641,60 - 813magazine.com

hari ini, Minggu (26/8), terpantau turun 1,35% ke posisi 6.641,60 setelah dibuka di level 6.732,50. Sepanjang perdagangan hari ini, bergerak pada kisaran angka USD 6.604,93 hingga USD 6.773,75 per 1 BTC dengan pangsa sebesar USD 114 miliar. Setelah pada perdagangan Sabtu (25/8) kemarin, BTC diperdagangkan pada level USD 6.900 dan turun ke USD 6.700, terus bergerak di rentang angka USD 6.600 – USD 6.700 saja.

Pada (22/8) lalu Securities and Exchange Commission () mengeluarkan putusannya atas 9 exchange traded fund () yang diajukan oleh 3 pelamar, yakni ProShares, Direxion, dan GraniteShares. Dalam putusan tersebut SEC kembali menolak izin ketiga pelamar untuk maju dengan masing-masing produk -nya. Akan tetapi pada (23/8) SEC mengeluarkan pernyataan bahwa mereka akan meninjau kembali keputusannya terkait 9 tersebut.

Pihak SEC memang belum mengumumkan kapan batas waktu peninjauan mereka, namun hal ini seolah memberi secercah harapan bahwa pelamar mungkin masih bisa maju dengan ETF mereka. SEC masih menolak pengajuan ETF dengan alasan yang sama, yakni terkait persyaratan ‘mencegah tindakan dan praktik curang dan manipulatif’. Selain itu, SEC juga khawatir dengan ukuran pasar ETF bitcoin dengan pertimbangan bahwa itu adalah domain yang sangat kecil, sehingga timbul kekhawatiran bahwa bursa tak bisa memastikan tidak adanya manipulasi pasar.

Pekan ini disebut-sebut sebagai pekan yang berat bagi bitcoin, terlebih karena adanya reaksi keras terhadap perdagangan cryptocurrency di beberapa wilayah Beijing. Meski demikian, Tim Enneking, Managing Director Crypto Asset Management berpendapat bahwa pasar bitcoin telah matang ke tingkat di mana berita yang nyata seperti penolakan SEC terhadap ETF bitcoin adalah sesuatu yang sudah diprediksi oleh pelaku pasar. “Setelah penolakan Winklevoss, hampir tidak ada yang mengharapkan aplikasi-aplikasi ini disetujui,” ujarnya seperti dilansir Bitcoinist.

Sementara itu, Brian Kelly dari BKCM LLC juga memperkirakan jika kemungkinan bahwa ETF bitcoin disetujui oleh SEC tahun 2018 ini sangat tidak mungkin. Bagi CEO Blockforce, Eric Ervin, VanEck/SolidX ETF memiliki peluang lebih besar untuk menerima persetujuan SEC. Keyakinan Ervin ini bukan tanpa alasan, pasalnya kini semakin banyak investor institusional yang masuk dalam dunia kripto. Pada bulan Agustus misalnya, Intercontinental Exchange mengumumkan peluncuran Bakkt, platform perdagangan digital yang diusulkan bekerja sama dengan Microsoft, Starbucks, dan organisasi terkemuka lainnya.

Loading...