Seberapa Mahal Biaya Gulung Dinamo Pompa Air?

Mesin pompa air listrik (sumber: danfroleich.com)Mesin pompa air listrik (sumber: danfroleich.com)

Mesin pompa air merupakan peralatan elektronik rumah tangga yang perannya cukup vital. Sebagian besar masyarakat, baik di wilayah perkotaan maupun pedesaan, masih memanfaatkan air sumur bor untuk kebutuhan sehari-hari, sehingga membutuhkan bantuan tenaga dari mesin pompa air . Berbagai pompa air buatan , seperti Sanyo, Panasonic, Shimizu dianggap relatif awet. Namun jika digunakan secara berlebihan, tidak sesuai prosedur, atau penempatannya kurang tepat, akan menyebabkan mesin tersebut cepat rusak.

Kerusakan terparah pada mesin pompa air listrik adalah jika sampai atau gulungan/motor listrik tidak berfungsi dengan normal. Gejalanya, antara lain lemah, panas berlebihan, atau terbakar. Jika hal itu sampai terjadi, mau tidak mau cara memperbaikinya adalah dengan mengganti atau menggulung ulang kumparannya. Sayangnya untuk mengganti relatif mahal, begitu pula tarif gulung ulangnya. Inilah yang terkadang menjadi dilema. Bila pompa air tidak berputar atau rusak, pilihannya hanya ada dua, antara menggantinya dengan yang baru atau memperbaiki.

Ada beberapa penyebab utama dinamo pompa air rusak, seperti panas yang berlebihan atau di atas ambang panas normal. Ini lantaran lain motor bekerja terlalu keras, terlalu sering dihidup-matikan (jika rumah tidak memiliki tandon air), kipas pendingin rusak, badan mesin pompa air kotor atau berkarat.

Penyebab lainnya adalah penempatannya yang kurang tepat, yaitu di tempat lembab, sehingga badan mesin pompa air cepat berkarat dan merembet ke dinamo. Mesin pompa yang sering terkena air dari luar atau terendam mengakibatkan kerusakan pada bagian bearing, stator/rotor yang berkarat, dan tegangan listrik yang tidak stabil.

“Beberapa hari yang lalu mesin pompa air listrik saya bermasalah gejalanya bunyi putarannya menjadi lemah, daya sedotnya juga lemah dan terlalu panas. Buru-buru saya mencari reparasi mesin pompa air listrik. Teknisi saya hubungi semuanya minta ongkos yang menurut saya terlalu mahal, yakni Rp300 ribuan. Itu adalah tarif untuk menggulung dinamo,” demikian pengalaman seseorang yang dikutip dari laman Dwisu.

Umumnya, cara menggulung ulang dinamo pada pompa, kipas, angin, mesin cuci, dan yang lainnya tidak memiliki banyak perbedaan. Perbedaan umum hanya terdapat pada ukuran kawat dan besarnya spool saja. Namun, untuk mendapatkan hasil yang bagus, peralatan sangat diperlukan seperti mika, kawat, mesin gulung dan timbangan.

Dinamo dan motor pompa yang mengalami kerusakan biasanya mudah dikenali dari baunya atau warnanya yang berubah hitam karena hangus. Biasanya motor yang mengalami kerusakan pada bagian spool akan menyebabkan listrik tidak stabil. Namun, seringkali juga hingga terputus, sehingga saat disambungkan ke listrik, motor pompa tidak bergerak atau menyebarkan bau hangus khas terbakar.

Setiap dinamo memiliki ukuran kawat yang berbeda. Hal ini dimaksudkan untuk menentukan daya motor, sehingga harus diganti dengan kawat yang mempunyai ukuran yang sama. Untuk dapat mengetahui ukuran kawat bisa dengan menggunakan milimeter sekrup. Jika salah membeli kawat, biasanya lubang kisi pada kern dinamo tidak akan muat dengan gulungan yang sama.

Loading...